Menutup rangkaian dari pembelajaran konsep Kingdom Ekonomi selama 4 kali di ibadah online, kita tutup dengan belajar tentang Trading Floor atau kita kenal dengan Tempat Pertukaran. Dalam kehidupan kita setiap hari pasti akan selalu melakukan transaksi dengan pembelian dan penjualan. Ada banyak perdagangan yang manusia lakukan di setiap hari-harinya.

Tapi masalahnya, sering kali dalam kehidupan kita, banyak sekali kita melakukan kesalahan dalam setiap perdagangan yang kita lakukan. Perdagangan di sini bukan sekedar berbicara perdagangan yang terlihat mata jasmani, tapi lebih dari itu. Yaitu sering kali kita memperdagangkan hidup dan hati kita untuk yang lain yang bukan Tuhan mau. Dan pada akhirnya kita menghabiskan waktu ini untuk sebuah perdagangan yang keliru tersebut. Sesungguhnya apa itu yang di sebut dengan Trading Floor atau Tempat Perdagangan?.

1. Awal Perdagangan ( Origin Of Trade)

Seluruh aktivitas ekonomi di dasarkan kepada Trade atau Perdagangan. Dalam perdagangan ada pertukaran /exchange dari satu pembeli dan penjual. Pertanyaannya dari mana asal usul perdagangan manusia/Tuhan tersebut?.

Dalam Yesaya 28:1-19 Raja Tirus yang sombong dan tinggi hati yang merasa dia mendapatkan kekayaan karena usahanya dan kepandaiannya dan bukan karena Tuhan. Raja Tirus ini pandai berdagang dan mendapatkan banyak kekayaan dari dagang tersebut. Tetapi dengan kekerasan hatinya dan dia berbuat dosa, maka Tuhan tidak berkenan kepada Raja Tirus.

1 Raja-Raja 10:14-15 Raja Salomo adalah contoh orang yang pandai dalam berdagang dan mengumpulkan emas serta kekayaan dari dia berdagang. Dalam Lukas 19:11-14 juga disebutkan ada perumpamaan seorang raja yang hendak pergi ke negeri lain, tapi dia memanggil dan memberikan 10 mina kepada hambanya untuk berdagang.

Ada dua kerajaan dan dua perdagangan. Ada kerajaan Allah dan kerajaan setan. Ada perdagangan yang Allah lakukan dan iblis lakukan perbedaannya sangat jelas sekali di Yohanes 10:10 (TB) Pencuri datang hanya untuk mencuri dan membunuh dan membinasakan; Aku datang, supaya mereka mempunyai hidup, dan mempunyainya dalam segala kelimpahan.

Sejak awal lucifer/raja Tirus/setan,evil berusaha membangun kerajaan yang serupa dengan kerajaan Allah dan menjadi Tuhan yang baru. Kerajaan si jahat diperluas dengan cara berdagang yang tdak jujur untuk memiliki wilayah (dominion). Dengan membeli dunia dari Adam dan Hawa di Kejadian 3, maka si jahat memiliki hak legal atas dunia (Matius 4:8-9).

3 Cara Membongkar Kebohongan :

1. Mencobai untuk mengalihkan perhatian dengan umpan.( 1 Petrus 5:8)

2. Melakukan pertukaran untuk mendapatkan hak legal (Yakobus 4:7)3.

Memperbudak dan menjadi tuan ( Lukas 4:13)

2. Biblical Principles Of Trade

Ketika kita sudah berdosa dan kehilangan kemuliaan Allah, maka Tuhan sendiri yang membeli kembali kehidupan kita dengan mati di ataa kayu salib (Kolose 2:13-15). Ada pertukaran yang ditukarkan untuk sesuatu yang besar. Karena perdagangan terbesar ada di atas kayu salib. Kayu salib adalah Trading Floor terbesar yang pernah ada. Di sanalah Yesus Kristus membeli tunai kembali kemanusiaan sejati.(1 Korintus 7:23,1 Korintus 6:20).

Prinsip Alkitab dalam perdagangan :

1. Truth (2 Korintus 5:21)
2. Health ( 2 Korintus 8:9)
3. Wealth ( Efesus 2:4-6)

3. Biblical Stories Of Trade

Ada 7 kisah peringatan perdagangan yang tidak benar (Unrighteous Trading)

1. Hawa dan Ular ( Kejadian 3:1-7).

2. Lot dam Sodom Gomora ( Kejadian 13:1-18).

3. Abram, Sarai dan Hagar ( Kejadian 16:1-4).

4. Esau dan sepiring kacang merah ( Kejadian 25:19-34).

5. Gehazi dan Naaman ( 2 Raja-raja 5:15-27).

6. Yudas dan 30 keping perak (Matius 27:3,10).

7. Serdadu dam Tua-Tua ( Matius 28:11-15).

Prinsip kebenaran itu diperjelas kembali dalam 1 Yohanes 2:15-16 di mana jangan kita mengasihi dunia dan segala isinya, jangan memiliki keinginan dunia dan segala isinya tetapi hiduplah mengikuti kehendak Tuhan.

4. Prophetic Principles Of Trade

Ada 4 prinsip Kingdom Trade

1. Trading Floor terjadi di antar Kerub di TahtaNya (Throne) Yehezkiel 28:14.

2. Trading Floor adalah Altar pertemuan antara Spiritual dan Fisik. (Kisah 10:2,4 dan Markus 12:41-44).

3. Spiritual Trading selalu disertai Korban (Sacrifice).(Kejadian 4:5).

4. Spiritual Trading berbicara soal Hati (Heart). Matius 5:23-24.

Trading adalah manifestasi dari perperangan kerajaan (Wahyu 12:7-9). Sistem Kingdom Ekonomi yang sudah kita pelajari selama 5 minggu ini biarlah membekali kita untuk mengerti betul Kingdom Ekonomi yang Tuhan mau. Sehingga kita tidak salah dalam mempergunakan setiap berkat, harta dan kekayaan yang Tuhan berikan dalam hidup kita. Dan memiliki pengertian dari sistem ekonomi yang benar, bahwa ada transfer harta bangsa-bangsa yang sudah Tuhan siapkan.

Oleh sebab itu kita harus memastikan memiliki dan mengolah hati dengan benar sehingga yang kita punya juga benar untuk kita kelelola. Karena peradaban sudah berubah dari masa ke masa, maka kita harus mengenalinya. Dan pada akhirnya kita bisa mengikuti setiap perubahan yang terjadi, sehingga kita tidak terjebak dalam melakukan Trading Floor setiap harinya tetapi menjadi orang yang melimpah dalam setiap berkat-berkat Tuhan.

Firman Tuhan ini disampaikan oleh Pdt. Yusuf Hanny Setiawan,SE,MBa di ibadah Live Streaming pada hari Minggu 21 Juni 2020 di Bethany El-Bethel Church Solo Baru.

Comments

https://i1.wp.com/beritamujizat.com/wp-content/uploads/2020/06/IMG-20200623-WA0359.jpg?fit=700%2C450&ssl=1https://i1.wp.com/beritamujizat.com/wp-content/uploads/2020/06/IMG-20200623-WA0359.jpg?resize=700%2C450&ssl=1yohanaPesan MimbarMenutup rangkaian dari pembelajaran konsep Kingdom Ekonomi selama 4 kali di ibadah online, kita tutup dengan belajar tentang Trading Floor atau kita kenal dengan Tempat Pertukaran. Dalam kehidupan kita setiap hari pasti akan selalu melakukan transaksi dengan pembelian dan penjualan. Ada banyak perdagangan yang manusia lakukan di setiap hari-harinya. Tapi...Tuliskan Kebenaran, Hasilkan Perubahan