Nasional

Selamat Datang “Nusantara”, Nama Baru Ibu Kota Indonesia


Bocoran desain Istana Negara di Ibu Kota baru Indonesia. (Sumber: Nyoman Nuarta)

BeritaMujizat.com – Nasional – Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas Suharso Monoarfa mengungkapkan nama Ibu kota baru Indonesia. Ibu kota baru di Kalimantan Timur itu akan diberi nama “Nusantara”.

Hal tersebut diungkapkan Suharso dalam rapat Panitia Khusus Rancangan Undang-Undang Ibu Kota Negara (RUU IKN) dengan pemerintah di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (17/1/2022).

Dilansir dari Kompas.com, Suharso menjelaskan nama ibu kota tersebut awalnya ingin dimasukkan ke dalam RUU IKN, tetapi ditahan sebelum akhirnya diberikan konfirmasi oleh Presiden Joko Widodo.

“Ini saya baru mendapatkan konfirmasi dan perintah lagsung dari Bapak Presiden yaitu pada hari Jumat. Jadi sekarang hari Senin, hari Jumat lalu, dan beliau mengatakan ibu kota negara ini Nusantara,” jelas Suharso.

Ketua Umum PPP itu menyebutkan, ada sekitar 80 nama yang diusulkan untuk menjadi nama ibu kota baru, antara lain Negara Jaya, Nusantara Jaya, Nusa Karya, Pertiwipura, dan Cakrawalapura.

Namun kata Nusantara dipilih tanpa kata Jaya. Nusantara dipilih karena kata tersebut sudah dikenal sejak lama dan ikonik di dunia internasional, serta lebih mudah menggambarkan Indonesia baru.

Sebelumnya, pemerintah juga telah meminta pertimbangan dari ahli bahasa dan ahli sejarah, untuk memilih nama yang paling tepat untuk ibu kota baru.

Regulasi ibu kota baru ditargetkan selesai pada bulan ini.

Pemerintah juga mulai memetakan sejumlah kementerian dan lembaga yang akan pertama kali berkantor di wilayah yang masuk dalam Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur itu.

 

Comments

Related Articles

Back to top button