Internasional

Rusia Diblokir dari Sistem Keuangan Dunia, PM Inggris: Putin Harus Bayar Mahal


Presiden Komisi Eropa Ursula von der LeyenIni. (Sumber: Tangkapan layar Reuters)

BeritaMujizat.com – Internasional – Amerika Serikat, Inggris, Uni Eropa dan Kanada pada Sabtu (27/2) malam waktu Belgia, bersepakat memblokir akses Rusia pada SWIFT yang merupakan jaringan sistem pembayaran terbesar di dunia.

Sistem SWIFT (Society Worldwide Interbank Financial Telecommunication) merupakan jaringan pengiriman pesan yang digunakan oleh lebih dari 11.000 bank dan lembaga keuangan di lebih dari 200 negara.

Pemblokiran itu disampaikan Presiden Komisi Eropa Ursula von der LeyenIni. Sanksi tersebut merupakan sanksi terkeras yang dijatuhkan negara-negara barat atas serangan Rusia pada Ukraina yang telah menewaskan ratusan warga sipil.

Diberitakan Reuters, sanksi tersebut bertujuan untuk menghentikan invasi Rusia terhadap Ukraina. Itu artinya seluruh transaksi keuangan internasional Rusia bisa terhenti dan berdampak instan pada akses dana perang Putin.

Dengan memblokir Rusia dari sistem SWIFT, seluruh transaksi keuangan internasional Rusia dibekukan; perusahaan dan penduduk Rusia akan sulit membayar barang-barang yang mereka impor, menerima pembayaran barang ekspor, atau meminjam dan berinvestasi di luar negeri.

Uni Eropa dan negara barat lainnya juga akan membekukan aset kalangan oligarki Rusia di pasar keuangan Uni Eropa.

Sementara itu, PM Inggris Boris Johnson mengatakan, negara-negara barat akan terus bekerja sama memastikan Putin membayar harga mahal untuk agresinya.

 

 

 

 

Comments

Related Articles

Back to top button