Internasional

Invasi Berujung Genosida, Volodymyr Desak Dunia Hapus Suara Rusia di PBB


Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy. (Sumber: Reuters)

BeritaMujizat.com – Internasional – Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy mendesak dunia untuk menghapus hak suara Rusia di Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan mengatakan tindakan Rusia mengarah pada “genosida”.

Hal tersebut disampaikan Volodymyr Zelenskiy melalui sebuah video singkat, melansir Reuters, Minggu (27/2/2022). Volodymyr menyebut Rusia telah melakukan kejahatan dengan menghancurkan Ukraina negaranya.

“Ini teror. Mereka akan lebih mengebom kota-kota Ukraina kami, mereka akan membunuh anak-anak kami. Ini adalah kejahatan yang datang ke tanah kami dan harus dihancurkan,” kata Volodymyr dalam pesan di video singkat itu.

Zelenskiy pun meminta seluruh pemimpin dunia menghapus hak suara Rusia di Dewan Keamanan PBB dengan alasan invasi Rusia sudah mengarah pada genosida atau pembunuhan masal dan kriminalitas.

“Tindakan kriminal Rusia terhadap Ukraina menunjukkan tanda-tanda genosida,” ucap Volodymyr.

Mengutip Kantor Berita AFP, hingga hari ketiga serangan Rusia, dilaporkan ada 198 korban meninggal dunia. Mereka terdiri dari warga sipil, termasuk tiga anak-anak. Hal itu disampaikan Menteri Kesehatan Ukraina Viktor Lyashko. Dia mengatakan rumah sakit Ukraina masih beroperasi dan memberikan perawatan medis.

Victor menambahkan, sebanyaK 1.115 warga juga dilaporkan terluka dengan 33 di antaranya termasuk anak-anak.

Badan pengungsi Perserikatan Bangsa-Bangsa, UNHCR mengungkapkan, jumlah terakhir orang Ukraina yang tiba di negara-negara tetangga mencapai 368.000 dan terus meningkat. Sebagian besar menuju ke Polandia dan Moldova, tetapi juga ke Rumania, Slovakia serta Hongaria.

Comments

Related Articles

Back to top button