Pesan Mimbar

Roh Kristus dan Roh Allah: Perspektif Alkitabiah dan Implikasi Teologisnya


BeritaMujizat.com – Pesan Mimbar – Dalam kitab Roma 8:9 kita belajar Roh Kristus dan satu tubuh Kristus. Roh Kristus cuma mengajarkan tubuh Kristus tidak mungkin mengajarkan yang lain, sementara Tuhan punya preferensi, Tuhan punya kehendak.

Lalu Siapakah Roh Kristus? Seberapa besar pengaruhnya? Dan apakah Roh Kristus dan Roh Allah itu sama?

Roma 8:9 “Tetapi kamu tidak hidup dalam daging, melainkan dalam Roh, jika memang Roh Allah diam di dalam kamu. Tetapi jika orang tidak memiliki Roh Kristus, ia bukan milik Kristus.”

Ketika kita berbicara tentang ucapan, kita bicara tentang kingdom authority, kita bicara tentang the helper parakletos ada istilah yang dipakai oleh Paulus dan Petrus tapi tidak dipakai oleh Yohanes yaitu istilah Roh Kristus.

Berada di satu kalimat dan satu ayat yang sama dipakainya lah istilah yang berbeda yaitu pertama disebutkan Roh Allah, dan yang kedua disebutkan Roh Kristus. Kita terkadang berfikir apakah Yesus itu adalah Roh? Apakah Roh itu Yesus?

Bapa dan anak, Bapa adalah anak, anak adalah aku ada istilah yang berbeda Roh Allah dan Roh Kristus. Apakah Roh Kristus itu berbeda dengan Roh Allah? Apakah Roh Allah itu adalah Roh Kristus? Banyak orang yang memakai istilah Roh Kristus tapi Petrus memakainya dan kalau kita belajar dalam Roma pasal 8 itu bicara tentang hidup dalam Roh.

Yohanes 14:26 “tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu.”

Jika Yesus melihat Bapa maka Dia mengutus parakletos, mengirus Roh Kudus untuk kita, supaya kita bisa tau apa maunya Kristus mengajar dan mengingatkan. Jadi kalau kita mengerti cara kerja Roh Kudus dalam hidup kita dan apa bedanya dengan Roh Kristus maka kita tidak akan mengerti kehendak Bapa.

Kenapa Dia disebut Roh Kristus? Karena sebetulnya Roh Kudus bukan dilakukan sekedar untuk melakukan mujizat Roh Kudus bukan pribadi yang Out Of Nowhere.

Semakin kita bergaul dengan Roh Kudus, semakin kita akan seperti Kristus. Semakin kita bisa diurapi Roh Kudus maka kita akan serupa dengan Kristus.

Pesan mimbar ini disampaikan oleh Pdt. Dr. Yusuf Hanny Setiawan, M.B.A dalam ibadah raya sesi 1 Bethany El-Bethel, tanggal 04 Februari 2024.

Comments

Related Articles

Check Also
Close
Back to top button