Pesan Mimbar

Restorasi Pondok Daud


Restorasi Pondok Daud

 “Pada hari itu Aku akan mendirikan kembali pondok Daud yang telah roboh; Aku akan menutup pecahan dindingnya, dan akan mendirikan kembali reruntuhannya; Aku akan membangunnya kembali seperti di zaman dahulu kala,  supaya mereka menguasai sisa-sisa bangsa Edom dan segala bangsa yang Kusebut milik-Ku,” demikianlah firman TUHAN yang melakukan hal ini.

Amos 9:11-12

Memasuki bulan baru yaitu bulan Av bagi orang Yahudi menjadi bulan yang sulit. Hal di karenakan mereka mengalami bait suci yang dihancurkan dua kali. Yang pertama dihancurkan dan dibangun kembali oleh Ezra dan Nehemia. Dan yang kedua dihancurkan tapi belum dibangun sampai sekarang ini.

Bagi banyak orang, pemulihan pondok Daud dikenal sebagai pemulihan pujian dan penyembahan. Tapi sesungguhnya bukan berbicara sekedar itu saja tapi untuk pemulihan semua. Dalam perjanjian lama di Amos 9:11-12 sangat sinkron dengan yang ada di perjanjian baru di Kis.15:16-17 tentang nubuatan dan penggenapan pemulihan pondok Daud.

Amos 7:14 Amos adalah seorang gembala biasa, tapi mendapat hak istimewa bernubuat tentang pemulihan pondok Daud. Restorasi Pondok Daud adalah sebuah nubuatan yang pesan utamanya merujuk kepada tentang pemulihan total (total restoration) baik itu untuk Israel dan non Yahudi (gentiles) yaitu suku bangsa/suku-suku.

Yesaya 19 kita percaya bahwa dipulihkannya keluarga Abraham dan berkumpulnya anaka-anak Abraham (Ishak, Ismael, dan Yoksan). Yang sinergi dengan Israel, Mesir dan Asyur. Kita mengandung darah keluarga Abraham karena hidup kita dicangkokkan dengan keluarga Abraham. Dan kita adalah orang-orang sisa yang mendapat bagian menggenapi setiap nubuatan yang sudah disampaikan dikitab para nabi.

3 Dimensi Restorasi Pondok Daud  (Nubuatan) :

1. Penggenapan Perjanjian Daud ( 2 Samuel 17:6).

2. Pemulihan Keluarga Daud ( Zakharia 12:8).

3. Pemulihan Tabernakel/Rumah Daud
( 2 Samuel 6:17).

Daud tidak pernah kalah perang karena suka dengan bait suci. Dan semua keputusan Daud selalu diambil di bait suci. Karena itu Daud adalah orang yang mengerti hatiNya Tuhan. Meskipun ada kesalahan dalam hidupnya, dia bertobat dan kembali kepada jalan Tuhan.

Penggenapan dari Nubuatan :

1. Penggenapan Keselamatam Dalam Yesus Kristus

2. Pemulihan Keluarga Abraham

3. Pemulihan Rumah Tuhan

Restorasi Pondok Daud :

1. Takhta Tuhan ( Lukas 1:32-33)

Yesus Kristus memulihkan kembali kemanusiaan (humanity) dari perbudakan dosa dan memberikan kembali kemerdekaan untuk melakukan semua rancanganNya yang terbaik. Karena Takhta Tuhan akan merestore kingdom dan pemulihan otoritas serta akan mengembalikan kebebasan (freedom).

2. Bapa Abraham

Pemulihan keluarga Abraham (Roma 4:11-12, Yesaya 19:23-25) karena kekristenan kita tidak pernah bisa lepas dari keluarga Abraham.

3. Pemulihan Rumah Tuhan

Ketika pemulihan terjadi maka akan ada kesukaan dalam rumah Tuhan (Yesaya 56:7). Bisa baca di Matius 21:13, Markus 11:17, Lukas 18:46

4 bentuk Rumah Tuhan : 

1. Mezbah / Altar

1. Nuh membangun mezbah ( Kejadian 8:20)

2. Abraham membangun mezbah ( Kejadian 12:7,8,13:4)

3. Ishak membangun mezbah (Kejadian 26:25)

4. Yakub membangun mezbah ( Kejadian 35:7)

2. Tabernakel Musa ( Keluaran 25:8-9)

3. Bait Suci Salomo ( 1 Raja-raja 6:1-2)

4. Pondok Daud ( 2 Samuel 6:17)

4 Esensi Pondok Daud :

1. Tempat pertemuan antara Tuhan dan manusia (Wahyu 21:3)

2. Tempat pertemuan sebagai syarat kehadiran/penyertaan Tuhan/hadiratNya (1 Samuel 5:2-3).

3. Tempat Tuhan Berbicara

(Bilangan 7:8-9, Keluaran 25:22).

4. Tempata Peraduan (Mazmur 19:6).

Mazmur 132:3-5 (TB)  “Sesungguhnya aku tidak akan masuk ke dalam kemah kediamanku, tidak akan berbaring di ranjang petiduranku, sesungguhnya aku tidak akan membiarkan mataku tidur atau membiarkan kelopak mataku terlelap, sampai aku mendapat tempat untuk TUHAN, kediaman untuk Yang Mahakuat dari Yakub.”

Restorasi Pondok Daud adalah mandat apostolik untuk pemulihan penyembahan kepasa Yesus Kristus sebagai Tuhan (Takhta Tuhan) atas semua bangsa, suku, kaum dan bahasa (keluarga Abraham ) dengan menyiapkan tempat kediamanNya dibumi seperti di surga (Rumah Tuhan) yaitu keluarganya.(Yohanes 3:30,Yohanes 12:32,Filipi 2:9-11).

Firman Tuhan ini disampaikan oleh Bp.Pdt.Yusuf Hanny Setiawan,SE,MBa di ibadah Live Streaming pada hari Minggu,26 Juli 2020 di Bethany El Bethel Solo Baru.
Comments

Related Articles

Check Also
Close
Back to top button