Berita Gereja

Rangkaian Perayaan Paskah Nasional 2022 di Talaud-Sulawesi Utara


Pencanangan rangkaian perayaan Paskah Nasional 2022. Sumber foto : PGI

BeritaMujizat.com – Berita Gereja – Paskah Nasional tahun 2022 akan digelar di Talaud-Sulawesi Utara. Pencanangan rangkaian perayaan Paskah Nasional 2022 telah dilaksanakan pada Kamis (14/4/2022) lalu, di Melonguane, Ibukota Kabupaten Kepulauan Talaud.

Berbagai Ornamen Paskah menghiasi perkotaan Melonguane hingga di wilayah perkantoran Pemkab Talaud. Sebelumnya Perayaan Paskah akan digelar di Miangas.

Tetapi akibat cuaca buruk lokasi Perayaan Paskah Nasional dialihkan dari Miangas ke Melonguane. “Kondisi cuaca alam di Talaud yang tidak kondusif, bahkan terjadi angin kencang dan badai sejak pekan lalu,” jelas Arnold Abbas.

Rangkaian Paskah Nasional diawali dengan ibadah bersama di Gereja Bukit Sinai, GERMITA, Melonguane. Ibadah dilayani oleh Sekretaris Umum PGI, Pdt. Jacklevyn Manuputty.

Dihadiri sekitar 400 orang yang terdiri dari berbagai denominasi Kristen, perwakilan pemerintah daerah Kabupaten kepulauan Talaud, ibadah berlangsung khidmat. Kemudia ibadah dilanjutkan di Monumen Tuhan Yesus Raja Memberkati.

Setelah ibadah selesai rangkaian dilanjutkan dengan penyerahan salib Paskah dari Sekum PGI kepada Bupati Kabupaten Kepulauan Talaud, Elly Engelbert Lasut.

Dari Bupati Talaud, Salib Paskah itu diserahkan kepada Ketua Panitia Lokal Perayaan Paskah Nasional, Pdt. Arnold Apolos Abbas. Kemudian diakhiri oleh pelepasan tiga burung Merpati. Hal ini sebagai simbol perdamaian.

Salib Paskah seberat lebih kurang 25 kg itu, akan diserahkan kepada daerah lainnya yang menjadi penyelenggara Paskah Nasional 2023 pada akhir perayaan Paskah Nasional.

Bupati Talaud menjelaskan bahwa salib tersebut sebagai tanda semangat. Menjadi contoh bagi masyarakat untuk melaksanakan kehidupan bernegara dan bermasyarakat dalam membangun daerah, mulai dari kabupaten hingga di daerah provinsi Sulawesi Utara.

Paskah Nasional 2022 di Kabupaten Kep. Talaud akan dilaksanakan dalam 4 sesi kegiatan. Diawali dengan Peluncuran kegiatan Paskah Nasional 2022 di Kabupaten Kepulauan Talaud.

Selanjutnya, pelaksanaan Simposium Nasional tentang nikai-nilai Paskah pada tanggal 10-15 Mei 2022. Rangkaian dilanjutkan dengan perayaan Paskah Nasional pada 17 Mei 2022 besok. Bupati Talaud berharap Presiden Joko Widodo dapat menghadirinya.

Rangkaian akan ke 4  adalah pencanangan gerakan pembangunan daerah perbatasan secara nasional pada 23 Mei 2022 di Kabupaten Kepulauan Talaud. Pemerintah Kabupaten Kepulauan Talaud akan menyelenggarakan ibadah bersama pada tanggal 27 April mendatang, bertempat di gedung Gereja Immanuel, GPIB, Jakarta untuk menutup seluruh sesi yang ada.

Sumber : PGI

Comments

Related Articles

Back to top button