Internasional

Presiden Israel Kunjungi Uni Emirat Arab Jadi Momen Haru dan Bersejarah


Presiden Israel Isaac Herzog bersama Presiden Uni Emirat Arab yang juga putra mahkota Abu Dhabi Pangeran Sheikh Mohammed Bin Zayed Al Nahyan di Istana Kepresidenan UEA , Minggu (30/1/2022). (Sumber: Twitter Isaac Herzog)

BeritaMujizat.com – Internasional – Presiden Israel Isaac Herzog dan Ibu Negara Michal Herzog mendarat di Abu Dhabi, Minggu (30/1/2022) pagi.

Momen tersebut menjadi momen haru dan bersejarah bagi Isaac Herzog sebagai presiden Israel pertama yang mengunjungi Uni Emirat Arab, dan terbang di atas wilayah udara Arab Saudi.

Meskipun Arab Saudi tidak memiliki hubungan resmi dengan Israel, kerajaan memberikan persetujuan bagi pesawat Israel untuk menggunakan wilayah udaranya, yang memangkas waktu perjalanan ke Uni Emirat Arab dan tujuan lainnya.

Dikutip dari allisrael.com, dalam perjalanan ke UEA, saat pilot mengumumkan bahwa pesawat presiden akan menyeberangi Riyadh, Isaac Herzog pun menyampaikan rasa harunya.

“Tidak diragukan lagi, ini benar-benar momen yang sangat mengharukan,” kata Herzog.

Kemudian Herzog juga mengungkapkan perasaannya saat tiba di Abu Dhabi lewat akun twiter pribadinya.

“Kami senang dan sangat tersentuh dengan sambutan hangat di Abu Dhabi oleh Menteri Luar Negeri UEA,” ciut Herzog saat mendarat.

Herzog Kemudian bertemu dengan Presiden Uni Emirat Arab yang juga putra mahkota Abu Dhabi Pangeran Sheikh Mohammed Bin Zayed Al Nahyan di Istana Kepresidenan.

“Lagu kebangsaan dua negara dimainkan bergantian, sementara itu 21 dentuman meriam menyambut kedatangan Herzog,” demikian diberitakan kantor berita Uni Emirat Arab, WAM.

Sheikh MBZ berharap, lewat kunjungan Herzog itu, kedua pihak bisa mendapatkan keputusan rencana kerja sama lebih lanjut, termasuk ekonomi, perdagangan, teknologi, dan kesehatan.

Istana Kepresidenan UEA melaporkan pertemuan Sheikh MBZ dan Herzog itu berlangsung setidaknya selama lebih dari dua jam.

Bukan hanya Sheikh MBZ, dalam kunjungan dua harinya itu, Herzog juga dijadwalkan bertemu Perdana Menteri UEA yang juga penguasa Dubai, Sheikh Mohammed bin Rashid Al-Maktoum.

Selain itu, Herzog pun dijadwalkan bertemu dengan para komunitas Yahudi, serta berjanji meningkatkan kemitraan antara UEA dan Israel.

 

 

 

Comments

Related Articles

Back to top button