PARAKLETOS

Yohanes 14:16

 

BeritaMujizat.com – Pesan Mimbar – 1 hal yang harus kita percaya bahwa hidup orang percaya tak pernah bisa lepas dari pimpinan Roh Kudus. Semua hal yang kita lakukan harus dipimpin oleh Roh Kudus. Roh kudus akan mengajar kita seperti seorang ibu mengajar anak-anaknya. Di masa pandemik dan kesulitan ini mungkin kita melihat kabut tebal yang sedang menyelimuti bumi. Kita harus percaya bahwa kabut tebal itu akan segera diangkat.

Di masa akhir zaman kita percaya sebagai masa tuaian jiwa-jiwa. Dunia sedang mencari jawaban, dan jawaban itu hanya ada di dalam Yesus. Keadaan memang sedang sulit, tapi kita harus percaya bahwa keadaan sulit ini justru akan ada kebangunan rohani itu terjadi. Semua yang kita lakukan adalah hasil dari karya Roh Kudus atas orang-orang biasa. Orang yang penuh dengan Roh Kudus tidak akan menjadi takut. Orang yang percaya kepada Roh Kudus mungkin orang yang biasa, tapi justru orang ini akan dapat dipakai Tuhan.

Dalam Yohanes 14:16-18 jelas dikatakan bahwa Yesus minta kepada Bapa agar dikirimkan Roh Kudus sebagai penolong yang lain untuk menyertai kita. Hal ini 3 pribadi tapi 1 Tuhan. Roh kudus sebagai penolong yang lain ini memiliki kedudukan yang setara dengan Yesus. Penolong yang sederajat denganNya yaitu dirinya sendiri tetapi dalam pribadi yang lain yaitu pribadi Roh Kudus.

Orang-orang yang percaya Roh Kudus justru akan dapat dipakai Tuhan. Meskipun dalam dirinya penuh dengan kelemahan. Tetapi ketika Roh Kudus tinggal dalam diri kita, maka setiap kelemahan kita akan tertutup dan hanya kuasa Roh Kudus yang nampak dalam diri kita. Ketika Roh Kudus ada dalam diri kita, maka tidak ada yang mustahil bagi Tuhan. Karena ada Roh Kudus yang membimbing jalan kehidupan kita.

Setiap hari ada pribadi Roh Kudus yang menggandeng hidup kita. Jangan pernah takut, meskipun keadaan memang sangat sulit seperti ini. Tetapi percaya kepada Roh Kudus jauh lebih penting dari setiap kemampuan kita. Roh kudus itu seperti orang tua kita, dia tidak akan pernah membiarkan kita hidup sebagai yatim piatu. Tetapi Roh Kudus menjadi pribadi yang Bapa kirim untuk selalu ada menyertai kita.

Roh Kudus sebagai pribadi yang Bapa diutus untuk menghibur dan menolong kita. Yang dilakukan Roh Kudus ketika dia tinggal dalam hidup kita pasti terjadi sesuatu yang luar biasa dalam hidup kita. Oleh sebab itu dalam Yohanes 7:37-39 dikatakan bahwa Roh Kudus akan diterima bagi orang percaya maka akan ada aliran-aliran air kehidupan. Oleh sebab itu Yesus harus bangkit dan supaya tergenapi setiap yang sudah dinubuatkan. Dan di hari pentakosta, Roh Kudus dicurahkan.

 

Yang dikerjakan oleh Roh Kudus sebagai penolong yang lain : 

Yohanes 14:26 (TB)  tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu.

     1. Mengajarkan segala sesuatu 

Roh Kudus mengajarkan segala sesuatu kepada kita. Kata mengajarkan ini berarti kita sedang diajar segala sesuatu yang belum kita pahami dan kenali. Dan Roh Kudus mengajar hidup kita dari belum tau sampai menjadi tau. Dia mengajar sesuatu yang baru untuk kita pahami.

Roh Kudus mengajar kita melalui Firman Tuhan untuk mengerti tentang segala sesuatu. Dia mengajar kita tentang Trinitas, tentang rahasia kehidupan dan banyak hal lainnya. Selalu bertanyalah kepada Roh Kudus. Selalu belajar dan membaca lewat tulisan-tulisan Firman. Dia mengajar kita menjadi pribadi yang tepat. Dan kitapun belajar mendengar suara Roh Kudus. Sehingga ada koneksi antara kita dan Roh Kudus. Dan kehidupan kita boleh dididik dalam kebenaran Allah oleh Roh Kudus.

2 Timotius 3:16 (TB)  Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran.

     2. Mengingatkan

Roh Kudus pun menjadi pribadi yang selalu ingin mengingatkan kita. Mengingatkan di sini berarti kita sudah pernah tau, tetapi perlu diulang dan diingatkan kembali sehingga tidak keliru. Setelah diajar mungkin kita bisa menjadi lupa, jadi kita perlu diingatkan kembali. Roh kudus mengingatkan kita dalam segala hal. Kalau ada hubungan pribadi dengan Roh Kudus, maka kita akan selalu tau bahwa Roh Kudus sedang berbicara dan mengingatkan kita. Diingatkan ini berarti, Roh Kudus ingin kita menjadi pribadi yang tepat dan benar. Kita bisa diingatkan ketika kita mau melakukan sesuatu dan itu tidak tepat. Roh Kudus bisa mengingatkan kita kepada setiap janji Tuhan, kepada suatu Firman Tuhan bahkan Roh Kudus dapat mengingatkan dalam bentuk teguran. Oleh sebab itu ijinkan Roh Kudus berbicara dan mengingatkan kita.

     3. Menghibur

Roh Kudus sebagai pribadi yang juga menghibur hidup kita. Dunia menolak kita karena memang kita bukan berasal dari dunia ini, dan juga banyak tekanan-tekanan kehidupan yang menghimpit kita di dalam dunia ini. Tetapi Roh Kudus itu diberikan untuk menghibur kita. Dalam keadaan tidak baik didunia ini, Roh Kudus diberikan untuk menghibur kita. Roh Kudus ada itu memberi ketenangan hidup dan batin. Akan ada damai sejahtera Allah karena Roh Kudus yang menuntun kita.

1 Petrus 4:14 (TB)  Berbahagialah kamu, jika kamu dinista karena nama Kristus, sebab Roh kemuliaan, yaitu Roh Allah ada padamu.

     4. Pengantara / Pembela

Peran Tuhan Yesus yang dilakukan oleh Roh Kudus adalah dia sebagai seorang pembela kita. Akan ada banyak tuduhan-tuduhan kehidupan yang ditujukan kepada kita. Tetapi kita tidak perlu takut, karena ada pembela hidup kita melalui kehadiran Roh Kudus. Legal standing hidup kita sudah tidak terganti karena kematian Tuhan Yesus diberikan kepada kita. Tetapi moral kita masih bisa jatuh karena memang banyak intimidasi dari Roh Jahat. Roh Kudus membela segala tuduhan dari si jahat. Roh Kudus memberi nasehat untuk kita.

1 Yohanes 2:1 (TB)  Anak-anakku, hal-hal ini kutuliskan kepada kamu, supaya kamu jangan berbuat dosa, namun jika seorang berbuat dosa, kita mempunyai seorang pengantara pada Bapa, yaitu Yesus Kristus, yang adil.

Apapun masalah kita, jangan pernah berhenti percaya bahwa Roh Kudus itu pasti akan membela kita. Dia yang akan maju memberi pembelaan kepada kita. Dia yang menggantikan segala tuduhan dan intimidasi dengan kebenaran Allah. Dia lah yang menjadi pengantara kita, dia yang membela kita.

Semua karena pekerjaan Roh Kudus. Semua karena Roh Allah yang bekerja atas hidup kita. Roh kudus sebagai pribadi yang Bapa utus untuk kita, akan selalu mengajar hidup kita, akan mengingatkan kita, dia akan menghibur bahkan dia akan membela segala perkara hidup kita. Serahkan semua kepada Tuhan Yesus dan ijinkan Roh Kudus bekerja atas hidup kita.

Firman Tuhan ini disampaikan oleh Bp.Pdt. Hanny Setiawan,S.E,M.B.A di ibadah Minggu Sore pada tanggal 18 Oktober 2020 di Bethany El Bethel Solo Baru.

 

Penulis :  Yohana Sri Pamularsih

Comments

https://i0.wp.com/beritamujizat.com/wp-content/uploads/2020/10/PRAKLETOS-BARU.png?fit=699%2C407&ssl=1https://i0.wp.com/beritamujizat.com/wp-content/uploads/2020/10/PRAKLETOS-BARU.png?resize=699%2C407&ssl=1yohanaPesan Mimbar#hatinurani,#holyspirit,#RohKudus  PARAKLETOS Yohanes 14:16   BeritaMujizat.com – Pesan Mimbar – 1 hal yang harus kita percaya bahwa hidup orang percaya tak pernah bisa lepas dari pimpinan Roh Kudus. Semua hal yang kita lakukan harus dipimpin oleh Roh Kudus. Roh kudus akan mengajar kita seperti seorang ibu mengajar anak-anaknya. Di masa pandemik dan kesulitan ini...Tuliskan Kebenaran, Hasilkan Perubahan