DUNAMIS

Kisah Para Rasul 1:8

BeritaMujizat.com – Pesan Mimbar – Kehidupan yang mungkin masih sama dan belum berubah seperti yang sedang kita hadapi saat ini seharusnya membuat kita selalu lebih dekat dan mencari Tuhan lebih. Hal ini di maksudkan memang secara manusia kita benar-benar tidak tau apa yang harus kita lakukan. Oleh sebab itu kita harus selalu berlindung di dalamNya dan minta pimpinan Roh Kudus.

Seperti sebuah kabut yang sedang menutupi bumi ini dan membuat kita tidak bisa melihat bahwa ada kuasa Tuhan yang masih sanggup mengangkat kabut itu. Ketika hidup kita ada dunamis atau kuasa Tuhan maka kita akan bisa melihat kabut itu bisa diangkat oleh Tuhan. Orang yang hidup dalam kuasa Tuhan akan mampu menjadi pribadi yang membawa kerajaan surga di manapun kita berada.

Kisah Para Rasul 1:6-9 #1

Bagi orang Yahudi ayat ini sangat penting, karena menanti masa Tuhan memulihkan bangsa Israel. Israel dipulihkan adalah sebuah mandat kita untuk menjadi marturia dengan memiliki dunamis atau kuasa Allah. Karena tanpa dunamis maka tidak akan ada hal yang bisa kita kerjakan yaitu kita tidak bisa mengerjakan kingdom.

Kisah Para Rasul 1:3 #2

Mengisahkan tentang Yesus hidup. Ada pesan penting bahwa dia tidak hanya mati, tapi dia bangkit, dia hidup dan dia naik ke surga dan menjanjikan penghibur serta kita akan menerima kuasa Tuhan (dunamis).

1. Promise (Kisah Para Rasul 1:4-5)

2. The Methode (Bertekun dan sehati dalam doa)

3. The People (Kisah Para Rasul 1:14-15)

4. The Mandate (Kisah Para Rasul 1:8)

Guncangan besar terjadi ketika Tuhan Yesus bangkit dari kubur. Dan sekarang ini Tuhan mengguncangkan lebih lagi yang besar. Kalau kita tidak bisa tinggal dalam kebangkitan Tuhan Yesus maka kita tidak akan bisa hidup mengatasi goncangan. Ketika hidup kita disentuh Roh Kudus, akan ada kuasa yang mengalir atas hidup kita. Maka api dalam hidup kita tidak akan padam. Bertemu dengan Roh Kudus maka hidup akan berubah. DNA hidup kita adalah hidup oleh Roh Kudus.

Kisah Para Rasul 1:8 #3

Hidup dalam dunamis yaitu kuasa Tuhan. Ada pergerakan kebangunan rohani yang terjadi. Dan hal ini tidak akan berhenti. Di setiap tempat manapun kita akan bisa melayani karena ada kuasa Tuhan di dalam diri kita. Bahkan sampai ke ujung bumipun kalau ada kuasa Roh Kudus, semua tidak ada yang mustahil. Jangan pernah berhenti karena ada api yang menyala. Dan kita menjadi saksi sampai ke ujung bumi. Seperti terinci dalam :

Kisah Para Rasul 1:12; 6:7 (Yerusalem)

Kisah Para Rasul 6:8-9 (Yudea)

Kisah Para Rasul 9:32; 28:31 (Ujung Bumi)

 

Prinsip Dunamis :

     1. No Dunamis No Mission (Zakharia 4:6)

Dalam Injil kata dunamis ini berarti mujizat. Jadi ketika ada dunamis atau kuasa Tuhan maka akan ada mujizat terjadi. Dunamis ini adalah kemampuan Ilahi. Mandat atau misi hidup kita adalah memenuhi Redemptive Destiny yaitu pangilan hidup kita (Yohanes 17:4).

Tanpa dunamis kita tidak akan bisa memenuhi Redemptive Destiny kita. Tanpa Roh Kudus kita tidak bisa menjadi manusia yang lebih baik lagi. Tanpa Roh Kudus kita tidak akan bisa menjadi pribadi yang tepat dalam menyelesaikan setiap bagian hidup kita. Hidup kita harus bergantung kepada kuasa Tuhan. Jangan pernah melakukan apapun tanpa Roh Kudus menyuruh dan memimpin. Sekecil apapun itu kita harus lakukan bersama dengan Roh Kudus. Yaitu untuk tinggal dan hidup dalam mandat Ilahi dan Redemptive Destiny.

Dengan kuasa mana? Itu adalah kutipan dalam Kisah Para Rasul 4:7. Bukan dengan kuasa politik, kuasa kekuasaan bahkan uang bisa mengalahkan kuasa Roh Kudus. Dengan Roh Kudus kita harus memakainya, bukan dengan kuasa sistem dunia. Tapi semua karena Roh Kudus bekerja atas hidup kita yang biasa ini.

Kisah Para Rasul 4:13 Hanya orang yang berjalan dengan Roh Kudus yang akan bisa melihat kabut itu. Karena hanya dengan kuasa Roh Kudus sajalah kita bisa mengerjakan semua.

     2. Dunamis – Kuat Kuasa Yesus

Dalam Kisah Para Rasul 10:38 dikatakan bahwa Allah mengurapi Yesus dengan kuat kuasa Roh Kudus. Dalam Injil, Yesus menyembuhkan, dalam Kisah Para Rasul Petrus menyembuhkan dan kehidupan sekarang kitalah yang harus menyembuhkan dengan kuat kuasa Roh Kudus.

Keadaan boleh sulit dan sukar, tapi kuat kuasa Roh Kudus tidak akan pernah berubah dan gagal. Terus percaya dan menunggu Roh Kudus memenuhi hidup kita. Jangan pergi ke mana-mana tapi tetaplah menunggu Roh Kudus karena kita adalah kawan sekerja Roh Kudus yang harus berjalan bersama. Kita punya hak istimewa untuk menjadi setara dengan Yesus karena kita punya kuat kuasa Yesus.

     3. Dunamis-Mujizat, Revival, dan Movement

Seorang Paulus melakukan mujizat demi mujizat karena hidupnya dipenuhi oleh kuasa Roh Kudus. Kisah Para Rasul 19:11-12 tentang Paulus yang penuh dengan kuat kuasa Roh Kudus yang dapat melakukan mujizat. Semua bergantung kepada kuasa Roh Kudus.

Roh di dalam hidup kita lebih besar dari pada roh yang ada dalam dunia ini (1 Yohanes 4:4). Tuhan memberi kita kemampuan untuk menyelesaikan masalah-masalah kehidupan dengan dunamis yaitu kuat kuasa Roh Kudus.

Roh kudus turun dalam hidup kita , tapi sesungguhnya dia sudah ada dalam diri kita. Kita perlu dicurahi Roh Kudus setiap hari supaya ada kuat kuasa Roh Kudus yang memimpin hidup kita. Karena Roh Kudus memampukan kita untuk melakukan apapun (Yohanes 14:12).

 

The Power Of Resurrections :

Salvation dan Dunamis (Yohanes 20:19-23) tanpa dunamis yaitu kuat kuasa Roh Kudus semua tidak akan pernah bisa selesai. Ketika dihari pertama setelah kebangkitan Yesus, Yesus menghembusi mereka yaitu murid-muridNya dengan Roh Kudus dan memberikan mandat kerajaan.

Kita punya potensi tapi tidak punya dunamis itu berarti kita tidak akan mengalami Yerusalem, Samaria sampai ke ujung bumi. Dan hidup kita tidak sampai kepada Redemptive Destiny. Oleh sebab itu kita harus mengunakan potensi yang Tuhan beri dengan kuat kuasa dari Roh Kudus sehingga kita bisa mengalami mandat kerajaan dan menyelesaikan panggilan yang Tuhan percayakan dalan hidup kita.

Kehadiran Roh Kudus akan memimpin dan memberi kuasa seharusnya membuat kita bersukacita dan penuh iman. Menjaga hatipun juga menjadi hal yang penting supaya Roh Kudus selalu tinggal memimpin hati kita yang bersih. Jangan biarkan sesuatu yang tidak penting menghalangi Roh Kudus itu bekerja.

 

Dunamis-Kekuatan untuk bertahan (2 Korintus 4:7)

Perjalanan hidup yang kita jalani yang memang tidak mudah, tapi kita harus percaya ada kuat kuasa Roh Kudus maka kita akan bisa melewatinya. Kita harus bisa melewati dan menyelesaikan apa yang menjadi bagian kita.

Hidup dengan kuat kuasa Roh Kudus juga akan membawa kita melewati setiap dapur api yaitu ujian kehidupan yang harus kita selesaikan. Jangan takut, karena kita ada Tuhan beserta kita. Dan semua akan baik-baik saja ketika kita menyertakan pribadi Yesus dan pimpinan Roh Kudus senantiasa.

Dan pada akhirnya hidup yang selalu menantikan Roh Kudus adalah ciri dari orang yang mengandalkan Tuhan. Sebab diberkatilah orang yang mengandalkan Tuhan. Menempatkan diri dalam kuat kuasa Roh Kudus, dan mengalami setiap pimpinan dan pertolongan Roh Kudus akan membuat kita tidak takut dalam menjalani hidup kita. Alami dunamis, sang kuat kuasa Roh Kudus itu nyata terjadi dan kita alami dalam kehidupan kita sehari-hari.

 

Firman Tuhan ini disampaikan oleh Bp.Pdt. Hanny Setiawan,S.E,M.B.A di ibadah Minggu Sore pada tanggal 18 Oktober 2020 di Bethany El Bethel Solo Baru.

 

Penulis : Yohana Sri Pamularsih

Comments

https://i2.wp.com/beritamujizat.com/wp-content/uploads/2020/10/kecilin-WhatsApp-Image-2020-10-24-at-14.07.19.jpeg?fit=700%2C450&ssl=1https://i2.wp.com/beritamujizat.com/wp-content/uploads/2020/10/kecilin-WhatsApp-Image-2020-10-24-at-14.07.19.jpeg?resize=700%2C450&ssl=1yohanaPesan MimbarDUNAMIS Kisah Para Rasul 1:8 BeritaMujizat.com – Pesan Mimbar – Kehidupan yang mungkin masih sama dan belum berubah seperti yang sedang kita hadapi saat ini seharusnya membuat kita selalu lebih dekat dan mencari Tuhan lebih. Hal ini di maksudkan memang secara manusia kita benar-benar tidak tau apa yang harus kita lakukan. Oleh...Tuliskan Kebenaran, Hasilkan Perubahan