BMNews

Opening Ceremony Pesparani IV Maluku di Kota Tual Meriah, Penuh Hikmah dan Keberagaman


BeritaMujizat.com – BMNews – Pembukaan Pesta Paduan Suara Gerejani (Pesparani) IV Provinsi Maluku digelar di Lapangan Lodar El, Kecamatan Dullah Selatan, Kota Tual, Minggu, 25 September 2022 malam berlangsung meriah, penuh hikmah, dan keberagaman.

Opening Ceremony menampilkan berbagai tarian atraktif dan kolaboratif dari tiga agama yang ada di Kota Tual, yakni Katolik, Kristen, dan juga Islam.

Pada kesempatan itu, diserahkan pula piala bergilir Pesparani dari Kabupaten Kepulauan Aru kepada tuan rumah kota Tual.

11 kabupaten kota yang ada di Maluku juga melakukan parade defile yang dipimpin para ketua kontingen dan pastor perwakilan di maluku dengan iringan lagu daerah masing-masing.

“Ini menunjukkan tekad yang tidak pernah surut dan komitmen yang jelas tentang pentingnya pelaksanaan Pesparani sebagai penjabaran program nasional dan memperkuat persatuan bangsa,” ucap Wali Kota Tual, Adam Rahayaan.

Rahayaan memastikan, perayaan Pesparani di Kota Tual lebih meriah dari MTQ tingkat Provinsi Maluku di Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

“Rencana Tuhan selalu indah pada waktunya, karena sesungguhnya Pesparani keempat tingkat Provinsi Maluku yang sedianya dilaksanakan di tahun 2020, namun karena pandemi Covid-19 melanda Bangsa ini sehingga baru terlaksanakan di saat ini,” kata Rahayaan.

Rahayaan menjelaskan, Pemerintah dan masyarakat Kota Tual tetap mendukung sepenuhnya kegiatan keagamaan dan tanpa pandang bulu.

“Keberagaman di Kepulauan Kei ini akan menjadi satu toleransi yang kuat bagi kami orang kei ini, semua warga di Kota Tual bahu membahu untuk sukseskan Pesparani ini,” ujar Rahayaan

Lanjutnya, bahwa pelaksanaan Pesparani ini bukan hanya menjadi milik saudara-saudara umat Katolik saja tetapi juga menjadi milik semua umat beragama di dua daerah ini.

“Sebagaimana para pendukung acara tidak hanya berasal dari Katolik saja tetapi juga Protestan dan umat juga keterlibatan mendominasi susunan panitia dan pendukung acara ini,” tuturnya.

Comments

Related Articles

Back to top button