Nasional

Kota Solo Jadi Tuan Rumah ASEAN Para Games 2022, Gibran: Solo Siap


Stadion Manahan Solo di malam hari. (Sumber: Facebook)

BeritaMujizat.com – Nasional – Kota Solo resmi terpilih menjadi tuan rumah ASEAN Para Games 2022.

ASEAN Para Games adalah ajang olahraga dua tahunan yang diadakan setelah Pesta Olahraga Asia Tenggara (SEA Games) untuk atlet-atlet yang mengalami cacat fisik (difabel). ASEAN Para Games diikuti oleh 11 negara yang berada di Asia Tenggara.

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka ditunjuk menjadi ketua panitia penyelenggara.

Keputusan penetapan Solo sebagai tuan rumah pengganti ASEAN Para Games itu tertuang dalam surat keputusan yang dikeluarkan ASEAN Para Sports Federation (APSF) pada 14 Januari lalu.

ASEAN Para Games edisi ke-11 itu rencananya akan diadakan pada 20-31 Juli mendatang.

Meski Solo sudah ditetapkan menjadi tuan rumah ASEAN Para Games 2021, APSF saat ini masih menunggu surat keputusan Badan Anti-Doping Dunia (WADA) terkait pembebasan sanksi Indonesia hingga 15 Februari.

Pun demikian, NPC Indonesia telah menunjuk Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka sebagai panitia ASEAN Para Games Organizing Committee (INASPOC) 2022.

“Saya mendapatkan berita baik dari Ketua NPCI dimana kita dipercaya menjadi tuan rumah ASEAN Para Games 2022. Kepercayaan ini luar biasa sekali bagi kota Solo,” ucap Gibran saat berkunjung ke kantor National Paralympic Committee (NPC) Indonesia baru-baru ini, dilansir dari laman facebook PDI Perjuangan.

Gibran mengungkapkan, Solo sudah siap untuk menggelar event internasional dan ini sangat luar biasa.

Lanjut Gibran, untuk venue pertandingan tidak hanya di Kota Solo, tetapi ada juga yang tersebar di sejumlah kota sekitar Solo.

“Nantinya, venue tidak hanya di kota Solo saja, tetapi ada juga di Karanganyar dan Boyolali yang sudah siap,” jelas Gibran.

Gibran menambahkan, dia akan berkoordinasi dengan kepala-kepala daerah Solo Raya demi kesuksesan ajang tersebut.

Comments

Related Articles

Back to top button