Keberhasilan adalah kebutuhan manusia yang bersifat primordial. Manusia selalu ingin lebih dan menjadi nomer satu. Kejatuhan Adam adalah keinginan untuk menjadi nomer satu dan berbagi kekuasaan dengan sang Khalik.

Sebab itu, manusia akan terus mengejar keberhasilan itu dengan cara apapun termasuk dalam pencarian akan Tuhan. Artinya, manusia mencari sosok pribadi “yang maha kuasa” untuk menjadikannya menjadi nomer satu.

Dalam sejarah orang Israel, peristiwa lembu emas adalah peristiwa yang sangat menyakitkan. Seorang Imam Besar membuat patung lembu emas sebagai simbol keberhasilan dan kekayaan untuk menggantikan Yehova, Tuhan Israel.

Baik sang Imam, Harun dan seluruh jemaat Israel selama itu mencari Tuhan hanya untuk sebuah kesuksesan jasmani. Itulah yang membuat Tuhan murka.

Ketika bangsa itu melihat, bahwa Musa mengundur-undurkan turun dari gunung s itu, maka berkumpullah mereka mengerumuni Harun dan berkata kepadanya:

“Mari, buatlah untuk kami allah, yang akan berjalan di depa  kami sebab Musa ini, orang yang telah memimpin kami keluar dari tanah Mesir–kami tidak tahu apa yang telah terjadi dengan dia” (Kel 32:1).

Ketika manusia tidak menemukan tuhan yang menurut kebutuhan mereka, manusia tidak segan-segan membuat allah sendiri. Itulah asli dari manusia, Paulus mengatakan asli dari kita semua adalah “manusia celaka”. Butuh kasih karunia untuk memulihkan semuanya itu.

Daily Seeking God
– 10 Tahun Perenungan Mencari Tuhan –
Daily Seeking God adalah kumpulan tulisan Hanny Setiawan selama 10 tahun.  Ditulis secara spontan ketika ada pertanyaan-pertanyaan kepada diri sendiri.  Dengan mengikuti “renungan harian” ini diharapan bisa mengerti pergumulan batin selama 2009-2019 penulis.

Comments

https://i1.wp.com/beritamujizat.com/wp-content/uploads/2020/03/Daily-Seeking-God.png?fit=1000%2C563&ssl=1https://i1.wp.com/beritamujizat.com/wp-content/uploads/2020/03/Daily-Seeking-God.png?resize=1000%2C563&ssl=1adminDaily Seeking GodRenungan HarianKeberhasilan adalah kebutuhan manusia yang bersifat primordial. Manusia selalu ingin lebih dan menjadi nomer satu. Kejatuhan Adam adalah keinginan untuk menjadi nomer satu dan berbagi kekuasaan dengan sang Khalik. Sebab itu, manusia akan terus mengejar keberhasilan itu dengan cara apapun termasuk dalam pencarian akan Tuhan. Artinya, manusia mencari sosok pribadi...Tuliskan Kebenaran, Hasilkan Perubahan