Internasional

Jokowi Segera Kunjungi Rusia-Ukraina, Bawa Perdamaian dan Tangani Krisis Pangan


Presiden Rusia Vladimir Putin (kiri) Presiden RI Joko Widodo (tengah), dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky (kanan). (Gambar: Indizone)

BeritaMujizat.com – Internasional – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) direncanakan akan berkunjung ke Kiev, Ukraina, dan Moskwa, Rusia.

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi mengatakan, Jokowi akan menemui langsung Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky di Kiev dan Presiden Rusia Vladimir Putin di Moskow.

Kunjungan ini bakal dilakukan Jokowi setelah mengikuti Konferensi Tingkat-Tinggi (KTT) G7 pada Minggu (26/6/2022) hingga Senin (27/6/2022).

Retno mengatakan kunjungan Jokowi dilakukan untuk menunjukkan kepedulian RI terhadap isu kemanusiaan.

“Jokowi mencoba memberikan kontribusi untuk menangani krisis pangan imbas perang dan mendorong perdamaian,” ujar Retno Marsudi dalam press briefing pada Rabu (22/6/2022), mengutip innindonesia.com.

“Dari Jerman, Presiden Jokowi direncanakan akan mengunjungi Kiev, Ukraina, dan Moskow, Rusia. Kunjungan ke dua negara ini merupakan kunjungan yang dilakukan dalam situasi yang tidak normal,” terang Retno.

Retno menyatakan, meskipun dengan situasi demikian, kunjungan tersebut merupakan bentuk upaya kontribusi Indonesia untuk perdamaian kedua negara.

Pasalnya, perang antara kedua negara telah berimplikasi terhadap banyak negara, terutama negara berkembang dan negara berpenghasilan rendah, semisal menimbulkan krisis pangan.

“Meskipun situasinya sulit dan masalahnya kompleks, sebagai Presidensi ke-20 dan salah satu anggota Champions Group dari Global Crisis Response Group yang dibentuk Sekjen PBB, Presiden Jokowi memilih untuk mencoba berkontribusi, tidak memilih untuk diam,” jelas Retno.

Retno berujar, dengan rencana lawatan ini, Jokowi akan menjadi pemimpin pertama Asia yang akan melakukan kunjungan ke Ukraina dan Rusia dalam situasi ini.

 

 

Comments

Related Articles

Back to top button