Internasional

Jokowi Mohon Doa Rakyat Indonesia Sebelum ke Jerman dan Rusia-Ukraina untuk Misi Perdamaian 


Presiden Joko Widodo bersama Ibu Iriana saat hendak bertolak ke Jerman, Minggu (26/6/2022) pagi. (Gambar: INN Indonesia)

BeritaMujizat.com – Internasional – Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertolak ke Jerman untuk melakukan kunjungan kerja (kunker), Minggu (26/6/2022) pagi. Kunker tersebut dalam rangka acara KTT G7.

“Pagi hari ini saya dan rombongan terbatas akan berangkat untuk berkunjung ke beberapa negara, yang pertama akan ke Jerman untuk menghadiri KTT G7,” kata Jokowi di Bandara Internasional Soekarno-Hatta Jakarta, seperti disiarkan YouTube Sekretariat Presiden, Minggu (26/6), mengutip INN Indonesia.

Jokowi mengungkapkan, kehadiran Indonesia di forum G7 menjadi partner country dan sebagai ketua presidensi G20.

“Di sini kita akan mendorong mengajak negara-negara G7 untuk bersama-sama mengupayakan perdamaian di Ukraina dan juga secepat-cepatnya mencari solusi dalam menghadapi krisis pangan, krisis energi, yang sedang melanda dunia,” kata Jokowi.

“Memang upaya ini tidak mudah tapi kita Indonesia akan terus berupaya,” sambungnya.

Dari Jerman, Jokowi dan rombongan diagendakan berkunjung ke Ibu Kota Ukraina untuk bertemu dengan Presiden Volodymyr Zelensky demi mendorong perdamaian antara Ukraina dan Rusia.

Baca Juga: Jokowi Segera Kunjungi Rusia Ukraina, Bawa Perdamaian dan Tangani Krisis Pangan 

“Misinya adalah mengajak Presiden Ukraina, Presiden Zelesky untuk membuka ruang dialog dalam rangka perdamaian untuk membangun perdamaian. Karena perang memang harus dihentikan dan juga yang berkaitan dengan rantai pasok pangan harus diaktifkan kembali,” kata dia.

Selanjutnya, rombongan akan menuju Ibu Kota Rusia untuk bertemu Presiden Vladimir Putin.

“Sekali lagi dengan misi yang sama saya akan mengajak Presiden Putin untuk membuka ruang dialog dan sesegera mungkin untuk melakukan gencatan senjata dan menghentikan perang,” kata dia.

Negara terkahir yang akan dikunjungi Presiden Jokowi dan rombongan adalah Uni Emirat Arab. Kunjungan ke Timur Tengah ini dilakukan untuk melanjutkan kembali pembahasan kerja sama ekonomi dan investasi antara Indonesia dan Uni Emirat Arab.

“Kunjungan ini bukan hanya penting bagi Indonesia, tapi juga penting bagi negara-negara berkembang untuk mencegah rakyat negara-negara berkembang dan berpenghasilan rendah jatuh pada jurang kemiskinan ekstrem dan kelaparan,” katanya.

Jokowi pun tak lupa memohon dukungan dari seluruh rakyat tanah air agar segala proses kunker dan misi perjalanan dapat berjalan dengan baik.

Permohonan doa tersebut juga ditulis Jokowi di akun instagram resminya.

“Mohon doa dari rakyat di seluruh Tanah Air untuk lancarnya perjalanan ini,” tulis Jokowi pada unggahan foto bersama Ibu Negara di akun instagramnya @jokowi.

 

 

Comments

Related Articles

Back to top button