Pesan Mimbar

Fulfillment


FULFILLMENT

MATIUS 5:17

 

BeritaMujizat.com – Pesan Mimbar – Sudah setahun Covid-19 melanda bangsa kita pada khususnya dan kita berada dimasa pandemik seperti sekarang ini. Secara otomatis dalam waktu setahun ini akan banyak sekali aktivitas yang berubah dan habitat baru yang pasti terbentuk dalam kehidupan kita. Banyak kebiasaan yang terbentuk dan kita harus terbiasa dengan semuanya itu. Baik itu kebiasaan yang menjadi baik atau justru juga menjadi kebiasaan yang lebih salah.

Waktu yang sudah cukup cepat untuk kita lewati, tapi terkadang kita belum menghasilkan apapun yang maksimal bila dalam hitungan 1 tahun. Tapi memang masa seperti ini diijinkan, supaya kita banyak merenung dan melihat apa maksud Ilahi atas semuanya ini.

Fullfilment adalah waktu penggenapan atas setiap rencana dan kehendak Tuhan. Ketika Yeremia mendapat kuasa untuk mencabut bahkan murid Tuhan Yesus yang memiliki kuasa dan taat menunggu Roh Kudus untuk datang. Maka orang-orang itulah yang taat untuk menggenapi setiap rencana dan kehendak Tuhan yang buah pelayanannya bisa kita nikmati sekarang ini.

Setiap kita harus sudah bisa mengambil posisi masing-masing dan mengerjakannya bagian tersebut. Karena waktu cepat berlalu dan diperlukan orang-orang yang terpanggil untuk menggenapi apa yang Tuhan mau. Dalam Matius 5:15-20 kata Hukum Taurat atau kitab para nabi mengacu pada perjanjian lama dan Yesus datang untuk menggenapi perjanjian lama di perjanjian baru.

Sebelum semua digenapi dan selesai maka perjanjian lama itu masih jalan dan setiap nubuatan itu masih jalan jadi kita hidup dalam waktu-waktu penggenapan Tuhan seperti sekarang ini. Orang yang hidup menggenapi rencana Tuhan adalah orang yang paling tinggi dalam kerajaan Tuhan. Dan mereka menjadi bagian dalam bagian di rencana Tuhan yang besar.

Jangan menjadi orang yang tahu permukaan seperti orang Yahudi tapi jadilah orang yang memiliki konsep hidup orang yang menggenapi rencana Tuhan. Milikilah hidup yang keinginannya selalu menggenapi setiap rencana Tuhan (Matius 5:17). Setiap kehidupan kita kiranya menjadi orang yang menggenapi setiap rencana dan kehendak Tuhan. Hidup yang bisa selesai dengan apa yang Tuhan mau akan dapat menggenapi rencana Tuhan dan hidup dalam masa penggenapanNya.

Kata Menggenapi berasal dari kata pleroo yang berarti : membuat penuh, melengkapi dengan perkakasa, menyelesaikan dan memverifikasikan. Penggenapan nubuatan terlihat jelas di dalam Matius 1:22 menggenapi/plero; Matius 2:15 supaya genaplah; Matius 2:17 genaplah firman. Kata menggenapi selalu berhubungan dengan penggenapan akan sesuatu. Setiap Firman Tuhan pasti digenapi dan kita hidup dalam proses penggenapannya.

 

Arti kata “Menggenapi” :

     1. Hidup Dalam Rencana Tuhan

Dalam Yeremia 29:10-11 apabila telah genap 70 tahun maka Aku akan menepati nubuatan. Di masa pembuangan bangsa Israel justru dipelihara oleh Tuhan. Sering kali hidup kita sudah terlanjur nyaman dan tidak mau melakukan apa-apa. Tapi justru kita harus sebaliknya, kita harus menjadi orang yang selalu ingin bergerak dan melakukan sesuatu untuk pekerjaan Tuhan.

Jangan biarkan hidup kita nyaman dengan yang kita punya dan alami sekarang ini. Sering kali hidup dalam rencana Tuhan itu memang tidak mudah untuk dijalani, tapi sesungguhnya di ujung sana yang terbaik yang sudah Tuhan sediakan bagi kita. Tuhan punya jalan, rencana dan kehendak Tuhan digenapi. Jangan tidak percaya dan memilih menyerah dalam masa penggenapan Tuhan tetapi percayalah dan terus berjuang sampai semua digenapi.

Dalam kita menghidupi rencana dan kehendak Tuhan, maka suatu saat kita akan bisa melihat bahwa semua baik-baik bagi kita. Ini waktunya kita bangkit dan hidup dalam fullfillment di masa penggenapan kehendak Tuhan. Yang harus kita lakukan adalah masuk dalam “masa vaksinasi” yaitu pemuridan. Ini waktu kita dan gereja kita hidup dalam masa penggenapan waktu Tuhan.

Siap atau tidak siap maka Tuhan akan tetap menggenapi setiap janji-janjiNya. Dalam Roma 8:28 jelas dikatakan bahwa  Tuhan itu punya rencana untuk kita hidupi dan kita genapi. Semua dari kita diberi rencana oleh Tuhan. Dengan pemuridan akan memastikan kita apakah kita mengikuti Tuhan. Ketika kita berada dalam rencana Tuhan, maka kita akan terus berjuang di sana.

Kristus datang untuk menggenapi rencanaNya. Kita dilahirkan untuk menggenapi rencananya. Dimulai dari mencari Tuhan dan mengetahui rencana Tuhan. Kalau ada kesalahan dan kegagalan kita harus kembali pada rencana Tuhan yang mula-mula. Kata Prothesis/consercrated/sajian di dalam rencana Tuhan itu secara konsentrasi sudah dipisahakan untuk kita melakukan rencana Tuhan.

Setiap hari hidup kita untuk menggenapi rencana Tuhan. Hidup kita harus tahu untuk apa dan bagaimana menjalaninya. Untuk melihat kekhawatiran hidup tak pernah ada habisnya oleh sebab itu kita harus mencari tahu apa maunya Tuhan. Hidup dalam rencana Tuhan adalah hidup yang dipisahkan sebagai suatu persembahan yang hidup, kudus dan berkenan seperti di dalam Roma 12:1 dimana Tuhan menjanjikan supaya kita hidup selalu mempersembahkan korban hidup kita.

     2. Hidup Dalam Waktu Tuhan

Di Kisah Para Rasul 17:26 Ia telah menentukan musim-musim atas hidup kita. Hidup kita terbatas oleh waktu dan situasi. Oleh sebab itu kita harus tahu musim-musimnya (Appointed Times). Ada waktu-waktu yang sudah Tuhan tetapkan bagi hidup kita. Oleh sebab itu kita harus pakai setiap waktu dan menjadikan waktu yang sangat berharga. Seperti gereja kita, kita ambil appointed time di setiap hari Minggu untuk sepakat bersama di pukul.17.00-19.00 wib untuk mencari Tuhan.

Setiap kita harus memahami musim yang Tuhan tetapkan dan siapkan atas hidup kita. Siap atau tidak siap, maka musim itu akan berjalan terus. Setiap kita harus mempertanggungjawabkan setiap pekerjaan dan bagian kita pada nantinya di hadapan Tuhan dan sesama. Bagaimana kita hidup. Jangan biasa-biasa dalam menjalani kehidupan kita. Pergunakan setiap waktu demi waktu kita dengan sebaik dan semaksimal mungkin karena waktu itu sangat berharga bila kita bisa mempergunakan sebaik mungkin.

Setiap orang memang memiliki waktu yang berbeda, tapi bagi Tuhan waktu manusia itu sama bila kita bisa mengerti waktu dan rencana Tuhan. Berapapun waktu yang Tuhan, pakailah untuk hidup dalam waktu Tuhan. Karena tidak ada satupun manusia yang tau batas umurnya, oleh sebab itu siap sedia dan selalu maksimal dalam hidup kita.

Butuh anugerah khusus dan kasih karunia yang berbeda ketika kita berada di masa-masa selesai dalam hidup kita. Jangan sia-siakan waktu yang Tuhan berikan, terlalu percuma bila waktu habis tanpa ada hasil yang kita dapatkan. Kita berjuang lebih untuk waktu-waktu seperti ini. Tak perlu ada yang melihat, tetapi yang terpenting adalah Tuhan bicara atas hidup kita dan kita taat di dalamnya.

Kata yang dipakai adalah Prostasso Kairos adalah waktu misi, waktu yang Tuhan perintahkan atas hidup kita untuk pekerjaan Tuhan (Matius 1:24). Keputusan hidup yang kita ambil di waktu-waktu masa lalu itu akan berakibat di masa depan kita. Oleh sebab itu jangan salah memilih hidup karena waktu itu tidak bisa kita ulang. Ini adalah waktu-waktu yang sangat penting untuk kita jalani.

Bagi gereja kita, ini adalah musim yang baru, kita sudah diberkati sampai masa sekarang ini. Ini waktunya bukan sebagai pelayanan pemuda saja, wanita saja, keluarga muda saja tetapi ini waktunya untuk “pelayanan bersama-sama sebagai satu keluarga”. Ini waktunya bagi semua berjalan bersama-sama sebagai satu keluarga kerajaan Allah untuk menggenapi rencana Tuhan.

Kita akan memasuki bulan baru yaitu bulan nissan sebagai bulan penting sebagai penciptaan Adam. Dan semua dimulai dengan yang baru. Kita akan dilahirkan kembali dan disebut dengan nama yang baru. Kita semua akan dipakai Tuhan untuk pekerjaan Tuhan dan semua sebagai pelayan Tuhan. Dimulai dari kerelaan untuk melayani Tuhan , dan tidak mudah bersunggu-sungut. Karena hidup kita adalah tanda Mujizat (Mazmur 71:7).

Ketika kita hidup di rencana Tuhan dan waktu Tuhan, maka kita akan bisa bersaksi karena mengalami Tuhan. Dan akan bisa menarik orang untuk rindu mengenal dan percaya kepada Tuhan. Ketika kita percaya dan memberikan waktu kita di apointed time maka kita akan bisa melihat Dia bekerja atas hidup kita. Ini musim yang baru untuk kita perbaiki kembali bersama sebagai satu keluarga Bethany El-Bethel Church untuk memenuhi panggilan dan rencana Tuhan atas gereja kita.

     3. Hidup Dalam Petunjuk Tuhan

Kisah 15:28 keputusan Roh Kudus. Semua karena keputusan Roh Kudus. Dokeo adalah perkiraan, anggapan dan yang dirasakan. Semua ini adalah apa yang dirasakan oleh Roh Kudus. Milikilah hidup yang mencari petunjuk Tuhan. Langkah demi langkah kita menggenapi rencana dan terus untuk mencari petunjuk Tuhan. Jangan pernah pakai cara dan kemampuan kita sendiri.

Diperlukan waktu-waktu doa kepada Tuhan yang banyak untuk kita bisa mendapat petunjuk-petunjuk Tuhan. Semua bergerak untuk berdoa dan menyembah untuk mencari petunjuk Tuhan dan langkah demi langkah kita berjalan untuk mendapat petunjuk Tuhan.

Masa seperti ini kita membutuhkan petunjuk Tuhan untuk mengambil setiap keputusan demi keputusan hidup. Ibrani 11:7 masa depan tidak ada yang tahu, kita bisa membangunnya dengan petunjuk Tuhan. Nuh dengan petunjuk Allah mempersiapkan bahtera. Ketika Tuhan bicara, maka kita taat dan melangkah dengan petunjuk Tuhan. Dengan taat kita menyiapkan bahtera untuk menyelamatkan kelurga dan terus hidup untuk menggenapi sesuai apa yang Tuhan mau yaitu “Rencana Tuhan” sesuai dengan iman kita masing-masing.

Firman Tuhan ini disampaikan oleh Bp. Pdt. Yusuf Hanny Setiawan, S.E,M.B.A pada hari Minggu Sore, 28 Februari 2021 di ibadah Online Di Bethany El Bethel Solo Baru.

Penulis : Yohana Sri Pamularsih

Comments

Related Articles

Check Also
Close
Back to top button