Spiritualitas

Bulan Av “Abba” yang Membalikkan Kepedihan jadi Kedamaian


 

BeritaMujizat.com –  Spiritualitas –  Bulan Av yang merupakan salah satu bulan yang penting dalam Alkitab. Karena di bulan Av ini banyak hal terjadi. Apa saja?

Av atau Ab (bahasa Ibrani: אָבModern Av Tiberias ʾĀḇbahasa Aram אבא Abba; dari bahasa Akkadia abu; “bapa; ayah”) adalah bulan kesebelas tahun sipil dan kelima tahun eklesiastikal dalam Kalender Yahudi. Av biasanya jatuh pada bulan-bulan Juli–Agustus dalam Kalender Gregorian.

Sejarah pahit bangsa Israel banyak sekali terjadi di bulan Av. Dimulai dengan kematian Harun pada 1 Av, Bait Suci dibakar dan dihancurkan tidak hanya sekali. Sampai saat ini belum dibangun kembali dari kehancuran total pada setiap tanggal 9 Av.

Pada 586 SM ( 9 Av ) – Bait Suci Pertama dihancurkan. Dan kembali pada 70 M ( 9 Av) – Bait Suci Kedua dihancurkan.

Bait Suci pertama (yang dibangun oleh raja Salomo) dan kedua (yang dibangun pada zaman bupati Zerubabel dan diselesaikan pada zaman raja Herodes) di Yerusalem keduanya dihancurkan pada tanggal yang sama yaitu 9 Av, meskipun terpisah 655 tahun.

Bait Suci pertama dihancurkan oleh tentara Babel, dan yang kedua oleh tentara Romawi. Kehancuran kedua Bait Suci ini menandai permulaan pembuangan bangsa Israel ke seluruh dunia.

Selain hancurnya bait suci, banyak sekali kejadian memilukan terjadi atas bangsa Israel. Yerusalem hancur total pada tahun 135 M ( 9 Av ). Ada banyak pembantaian, kekalahan perang, pertempuran, pengusiran dan banyak hal terjadi di bulan Av. Melihat semua hal itu pastilah bukan suatu kebetulan.

Mempelajari bulan Av kita akan dibawa kepada suku Simeon. Simeon adalah suku yang mewakili bulan Alkitab ini (bulan Av).

Alkitab menceritakan bahwa suku Simeon merupakan salah satu suku yang dikutuk Yakub, ayahnya. Simeon mendapatkan kutuk karena ulahnya membunuh Sikhem dan penduduk bangsanya akibat menuntut balas atas perbuatan buruk yang diterima adiknya Dina.

Itulah mengapa bulan Av dianggap bulan kutukan yang mengerikan. Bulan dimana banyak sekali tragedi terjadi.

Baca Juga : Terus Berputar dalam Masalah dan Gagal Mengalami Penggenapan, Itulah yang Terjadi Jika Kita Tidak Mengerti Waktunya Tuhan

Tetapi bulan Av ini juga merupakan kunci untuk membalikkan kutukan Simeon. Arti dari Simeon adalah mendengar; memperhatikan; mendengar dengan sungguh-sungguh.

Maka di bulan ini baiklah kita mendengar dengan sungguh-sungguh apa yang Tuhan mau dihidup kita. Tuhan sanggup mengubah kutuk menjadi berkat, ketika kita sungguh-sungguh hidup seturut apa yang Tuhan mau.

Mendengar dengan sungguh-sungguh itu berarti mendengar saja tidak cukup. Kita harus memiliki kapasitas untuk taat juga. Taat untuk mengerjakan apa yang Tuhan mau.

Tanpa ketaatan kemampuan pendengaran kita tidak berarti apa-apa. Kita hanya mendengar tanpa taat melakukan tidak ada gunanya.

Dan janganlah kita lupa bahwa bulan Av ini artinya adalah Ayah “Abba”. Hal ini tentunya mengingatkan kita bahwa Bapa kita adalah Bapa yang sungguh baik.

Tuhan tidak pernah merencanakan umat-Nya untuk hidup di bawah kutukan, bencana dan kesedihan. Kerinduan hati Bapa, anak-anakNya dapat hidup dengan rancanganNya yang indah. Dan hidup seturut dengan apa kata Tuhan.

Baca Juga : “Adulam” Tempat Raksasa Iman Bangkit, Ubah Masalah Jadi Berkat

Walaupun dalam sejarah, 3 Minggu awal bulan Av banyak menyimpan kepedihan, berakhir pada tanggal 9 Av. Dan setelahnya merupakan awal dari 7 Minggu kenyamanan.

Tuhan Allah Bapa kita tidak pernah meninggalkan kita. Dia yang selalu menghibur kita, menolong kita ketika jatuh tidak sampai tergeletak. Yang merubah kutuk menjadi berkat. Yang mengubah kepedihan dengan kenyamanan hati Bapa.

Comments

Related Articles

Back to top button