Pesan Mimbar

Bukan Sekedar Menjadi Pendengar tetapi Jadi Pelaku Firman


BeritaMujizat.com – Pesan Mimbar – Seorang domba akan mendengar suara gembalanya dan kita adalah domba yang akan belajar melakukan Firman.

Di kehidupan akhir zaman ini akan banyak dari kita yang tidak mau belajar untuk melakukan Firman. Hidup kita jangan sekedar menjadi pendengar tetapi jadilah pelaku Firman.

Kemampuan kita untuk mendengar sangatlah terbatas oleh sebab itu kita jangan sekedar mendengar Firman tetapi kita perlu membaca, mencatat, merenungkan, membagikan dan yang penting adalah melakukan setiap Firman Tuhan.

1. Menjadi Orang yang Berbahagia

Kalau kita menjadi pelaku Firman maka kita akan disebut orang yang berbahagia. Ketika kita menjadi pelaku Firman maka akan banyak harapan demi harapan kehidupan yang akan kita dapatkan.

Firman itu menjadi kekuatan bagi hidup kita. Beri waktu dan hidup kita untuk merenungkan Firman. Firman itu akan menjadi pelita bagi jalan kehidupan kita dan petunjuk bagi perjalanan iman kita.

Setiap kita yang mengandalkan Firman Tuhan, maka kita akan diberkati tetapi ketika kita meremehkan Firman maka kita akan terkutuk. Dalam Amsal 25:5 Tuhan kita memberikan Firman sebagai sebuah pedoman dan penolong dalam hidup kita.

Karena dunia sudah semu dan penuh banyak dosa maka kita perlu menggali Firman, karena melalui Firman itu berbicara bagi hidup kita. Hidup itu dalam dunia sudah banyak masalah tapi akan ada harapan di dalam Firman Tuhan.

Hidup kita akan disebut berbahagia karena kita menjadi pelaku Firman bukan sekedar pendengar Firman Tuhan. Dalam Yohanes 14:21 yang disebut pelaku Firman adalah kita yang mengasihi dan akan ada tindakan nyata.

Ketika kita mengasihi maka kita akan menggembalakan domba-dombaNya Tuhan. Karena kita mencintai Firman dan rindu menjadi pelaku setiap Firman Tuhan.

Ketika kita melakukan Firman maka kita disebut orang yang berbahagia. Bahagia kita bukan menurut manusia, tapi ini menurut Tuhan. Jadi jangan pernah malu ketika kita melakukan Firman Tuhan.

2. Menjadi Bangunan yang Kuat dan Kokoh

Dalam Lukas 6:47-48 ketika kita mendengar dan menjadi pelaku Firman maka kita akan menjadi bangunan yang kokoh dan kuat. Sebuah bangunan yang kuat dan kokoh itu karena punya dasar yang benar.

Begitu juga dengan manusia rohani kita akan kuat dan kokoh kalau hidup kita melakukan setiap Firman Tuhan. Firman yang kita baca, yang kita dengar bahkan kita renungkan serta kita lakukan akan menjadi dasar dan kekuatan untuk kita menjalani kehidupan kita.

Dalam 2 Korintus 4:16 dikatakan supaya kita tidak tawar hati meskipun manusia jasmaniah kita semakin merosot. Manusia dalam batiniah kita justru akan senantiasa diperbaharui dari hari ke hari.

Ketika kita menjadi pelaku Firman maka kita semakin kuat dan kokoh. Masalah sebesar apapun akan bisa kita hadapai, karena ada kekuatan dan harapan dibalik Firman Tuhan yang kita lakukan.

Semakin kita menggali Firman maka kita akan diberi pengertian dan hikmat serta menjadi bijaksana untuk menjalani hidup kita setiap hari. Tuhan Yesus Memberkati.

Firman Tuhan ini disampaikan oleh Pdm. Timotius Ricky Rusmana, S.E di ibadah pagi Gereja Bethany El Bethel Church Solo Baru pada hari Minggu, 24 Oktober 2022.

Comments

Related Articles

Check Also
Close
Back to top button