BMNewsGereja

Bible Project: Membawa Alkitab ke Era dan Generasi Modern


BeritaMujizat.com – BMNews – BibleProject yang lahir pada tahun 2014 adalah tonggak sejarah dalam pengajaran Alkitab melalui media visual.

Portland adalah sebuah studio animasi yang menghadirkan Alkitab kepada jutaan orang dengan cara yang inovatif. Selama masa kuliah mereka, teman lama Tim Mackie dan Jon Collins bertukar ide tentang cara membuat lebih banyak orang membaca Alkitab dan memahaminya dengan lebih baik.

Tim Mackie dan Jon Collins, menggagas proyek ini dengan tujuan menjembatani kesenjangan antara warisan Alkitab yang kaya dan kebutuhan generasi modern. Dengan menghadirkan animasi berkualitas tinggi, BibleProject berhasil menciptakan sarana pembelajaran yang tidak hanya informatif tetapi juga inspiratif.

Hasilnya adalah eksperimen animasi Alkitab yang disebut BibleProject, dan hanya ada dua video yang diposting online pada tahun 2014 untuk teman-teman mereka.

Dalam waktu kurang dari satu dekade, BibleProject telah memproduksi lebih dari 180 video dan 350 episode podcast di internet, dengan lebih dari 620 juta penayangan di lebih dari 200 negara, dan lebih dari lima juta pelanggan di seluruh dunia, bahkan menawarkan kelas-kelas tingkat seminari.

Salah satu inovasi utama BibleProject adalah pendekatan multibahasa. Proyek ini tidak terbatas pada penerjemahan ke berbagai bahasa internasional. Sebaliknya, bahasa ini mencakup banyak bahasa yang tidak umum. Dengan memahami pentingnya memperluas jangkauan global, BibleProject menjadi semakin inklusif dan dapat diakses oleh audiens dari berbagai belahan dunia.

Dilansir dari cbn.com Michael McDonald, Chief Global Focus and Strategic Relationships Officer di BibleProject mengatakan,

“Tidak ada satu pun dari kami yang cukup pintar untuk berpikir bahwa kami akan menciptakan organisasi nirlaba sebesar ini. Ini benar-benar merupakan proyek yang sangat serius dari dua orang teman yang berpikir, ‘Saya pikir ini akan bermanfaat tidak hanya bagi kami saja, namun juga beberapa teman kami.’

Dan penonton begitu cepat mengejarnya dengan tidak hanya menonton videonya tapi juga menginginkan lebih banyak lagi video tersebut. Dan mereka mulai membantu mendanainya hanya dengan, Anda tahu, lima dolar di sini, sepuluh dolar di sana. Lalu kami punya cukup dana untuk membuat video lain dan kami berangkat.”

Setelah mengikuti kuliah Alkitab bersama, Jon melayani sebagai pendeta sebelum memulai karir membuat video penjelasan untuk perusahaan besar. Tim mendapatkan gelar PhD dalam bidang Alkitab Ibrani dan Studi Yahudi, menjadi seorang pendeta dan profesor seminari.

Kemudian mereka memutuskan untuk menggabungkan pengetahuan Alkitab Tim dan kemampuan kreatif Jon, dan lahirlah BibleProject.

Animasi yang digunakan oleh BibleProject tidak hanya memvisualisasikan naratif Alkitab dengan indah, namun juga menyampaikan makna dan ajaran teologis dengan mendalam. Dengan mencakup seluruh Alkitab, mulai dari kisah penciptaan hingga nubuatan, proyek ini menciptakan pengalaman holistik yang memungkinkan pemirsa untuk menjelajahi dan menghargai pesan Alkitab dalam konteks keseluruhan.

Secara keseluruhan, BibleProject bukan hanya sekadar proyek animasi. Hal ini merupakan sebuah perjalanan mendalam ke dalam esensi Alkitab yang dipersembahkan dalam format yang menarik. Berfokus pada inovasi dan inklusivitas, proyek ini melampaui batasan konvensional dan menciptakan ruang bagi audiens dari semua lapisan masyarakat untuk merenungkan dan memahami kearifan yang terkandung dalam Alkitab.

Dengan terus tumbuh dan meluas, Bible Project tetap menjadi pionir dalam membawa kebijaksanaan spiritual kepada dunia modern.

Comments

Related Articles

Back to top button