Nasional

Bambang Susantono Resmi Pimpin IKN Nusantara


Pelantikan Kepala dan Wakil Kepala Otorita IKN di Istana Negara Jakarta, Kamis (10/3/2022). (Sumber: Sekretariat Kabinet)

BeritaMujizat.com – Nasional – Setelah beberapa waktu lalu mengumumkan bahwa Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara atau IKN akan dilantik, Presiden Joko Widodo akhirnya resmi melantik Bambang Susantono sebagai Kepala Otorita IKN di Istana Negara Jakarta, Kamis (10/3/2022) yang disiarkan langsung di YouTube Sekretariat Presiden.

Pelantikan tersebut dilangsungkan bersamaan dengan pelantikan Gubernur Sulawesi Selatan sisa masa jabatan 2022-2023.

Bambang Susantono akan didampingi Dhony Rahajoe sebagai Wakil Kepala Otorita IKN berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 9/M Tahun 2022.

Bambang Susantono adalah salah satu pegawai negeri di Departemen Pekerjaan Umum. Dia pernah menjabat sebagai Deputi Menko Perekonomian Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah pada tahun 2007 – 2010.

Bambang Susantono (Suara.com)

Selanjutnya Bambang menjabat sebagai Wakil Menteri Perhubungan pada tahun 2009 – 2014 di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Kemudian menjadi Pelaksana Tugas (Plt) Menteri Perhubungan setelah Menteri Perhubungan sebelumnya Evert Ernest Mangindaan mengundurkan diri karena terpilih menjadi anggota DPR RI periode 2014-2019.

Dan sejak Juli 2015 hingga sekarang, lelaki kelahiran Yogyakarta itu adalah Wakil Presiden Bidang Manajemen dan Pembangunan Berkelanjutan di Asian Development Bank (ADB).

Sementara itu, Wakil Kepala Otorita Dhony Rahajoe adalah petinggi di perusahaan Sinar Mas Land, salah satu pengembang properti terbesar di Indonesia. Merujuk situs Sinar Mas Land, Dhony Rahajoe menjabat sebagai Managing Director President Office Sinar Mas Land.

Sebagai informasi, menurut Undang-undang IKN, Kepala Badan Otorita IKN berkedudukan setingkat menteri, ditunjuk, diangkat, dan diberhentikan oleh presiden setelah berkonsultasi dengan DPR. Dalam melaksanakan tugasnya, Kepala Otorita IKN dibantu oleh wakil kepala otorita.

Comments

Related Articles

Back to top button