ATMOSFER IMAN

1 Korintus 14:15

 

BeritaMujizat.com – Pesan Mimbar – Dalam keadaan sesulit apapun kita harus percaya bahwa kasih karunia Tuhan itu tetap dan cukup bagi kita. Meskipun dirasa berat, tapi Dia yang berjanji itu setia. Saat ini secara rohani, kita sedang memasuki tahun baru Israel. Ada guncangan yang memang sedang terjadi. Ambil posisi yang tepat untuk di musim ini. Tuhan selalu memberi harapan yang baru di musim ini. Meskipun kestabilan belum terjadi, tapi Tuhan selalu memberi harapan baru. Karena apapun yang terjadi tetap percaya saja.

Seperti 12 pengintai, 10 pengntai tidak mampu melihat yang baik berbeda dengan Yosus dan Kaleb yang bisa melihat. Dalam 1 Korintus 13:13 berbicara tentang iman pengharapan dan kasih. Sedangkan dalam 2 Korintus 14:1-25 ada 2 cara memuji yaitu bahasa roh dan akal budi kita. Semua karunia bisa teraktivasikan keluar. Atmosfer Faith itu ada maka akan terjadi sesuatu yang luar biasa terjadi.

1 Korintus 14:15 (TB)  Jadi, apakah yang harus kubuat? Aku akan berdoa dengan rohku, tetapi aku akan berdoa juga dengan akal budiku; aku akan menyanyi dan memuji dengan rohku, tetapi aku akan menyanyi dan memuji juga dengan akal budiku.

 

Bagaimana Cara Membangun Atmosfer Iman:

     1. Miliki Atmosfer Kasih

Atmosfer iman adalah atmosfer kasih.

Paulus berkata bahwa percuma bila tidak ada kasih. Atmosfer iman dapat terbangun bila kita membangun atmosfer kasih setiap hari. Maka akan terjadi ledakan ilahi. Hubungan itu harus terjalin setiap hari maka akan bisa membangun atmosfer kasih. Maka akan terbangun keluarga Ilahi.

Secara family dan spirit akan bisa terbangun bila kita membangun atmosfer setiap hari. Memang banyak dinamika dalam membangun sebuah keluarga tapi itu sebuah proses yang harus dinikmati. Dalam 1 korintus 13:4 Kasih itu sabar, murah hati, tidak cemburu dan sebagainya. Dan memang untuk memiliki benar benar kasih itu memang tidak mudah. Kasih itu harua diusahkan karena kasih itu tidak bisa datang tiba tiba. Tapi kasih dan semuanya itu harus diusahakan. Kasih itu harus dikejar dan dinyatakan.

Kita perlu memiliki sikap melupakan masa lalu dan mengejar masa depan. Jadi tidak perlu di ungkit kembali tapi di selesaikan. Menyelesaikan masalah masalah kecil yang bisa mengganggu terbentuknya atmosfer iman. Ketika atmosfer iman kuat maka guncangan bisa terjadi. Oleh sebab itu kita harus membersihkan hati kita setiap hari dengan membangun atmosfer kasih.

Justru orang-orang biasa yang memiliki hati untuk berdoa dan penyembah serta kehidupan doa. Bahkan kita membagikan kasih kepada orang lain. Bagaimanapun orang di kasihi, pasti orang itu bahagia. Membangun silahturahmi dan bergerak serta ketemu satu sama lain itu juga sungguh powerfull dan perlu sebagai gaya hidup kita setiap hari yaitu membangun atmosfer kasih.

     2. Atmosfer Yang Terjadi Karena Semua Teraktivasi

Dalam konteks bahasa roh, bahwa bahasa roh itu diterjemahkan. Atmosfer iman bisa terjadi bila masing masing bagian kita memiliki bagian dan semua teraktivasi.

Dalam 1 korintus 14:1 bahasa roh itu harus teraktivasi. Kita menggunakan bahasa roh untuk membangun iman. Dalam 1 Korintus 14:14 roh kita berdoa, manusia rohani kita berdoa.

Ketika semua berjalan maksimal maka semua akan teraktivasi. Ketika Tuhan hadir, maka kita akan mengalami sesuatu yang berbeda. Ketika semua teraktivasi dan semua orang memberi karunia yang dimiliki maka atmosfer iman itu terbangun.

     3. Atmosfer Iman Ini Supranatural Dan Natural

Dalam 1 korintus 14:15 Bahasa roh adalah supranatural. Atmosfer iman itu sangat mempengaruhi kehiduapan kita. Ketika kita berbahasa roh maka manusia budi kita mengerti. Membangun atmosfer iman dengan membaca firman dan perkatakan kata kata positif dan kata-kata yang menguatkan. Dan hal ini adalah natural.

Saling itu terjadi ketika bisa membangun atmosfer iman di dalam sebuah keluarga. Bahasa rohani adalah supranatural. Atmosfer natural dan supranatural itu perlu di bangun. Yesus adalah 100% natural dan supranatural. Jadi roh dan akal budi harus seimbang. Dan perlu teraktivassi bersama-sama serta perlu sebuah kedewasaan rohani yang memperlengkapinya.

     4. Tuhan Hadir Maka Akan Ada Pesan

Dalam 1 korintus 14:24-25 sungguh Allah ada di tengah tengah kamu. Tuhan hadir dan bertemu dengan pribadi kita. Waktu- waktu yang Tuhan tetapkan untuk Dia hadir itu adalah waktu ketetapan.  Kehadiran Tuhan harus ada dalam keluarga. Dalam keluarga perlu ada jam-jam dan waktu-waktu untuk berdoa bersama sebagai keluarga. Maka Dia sendiri yang hadir dan memberkati setiap keluarga.

Ketika setiap keluarga bersatu hati dan membangun kebersamaan dalam doa dan pujian, maka atmosfer iman pun akan terbentuk dengan sendirinya. Membangun atmosfer iman karena Allah ada di tengah tengah kita. Oleh sebab kita perlu mengaktivasi setiap karunia roh dalam hidup kita, terus membangun atmosfer iman di dalam hidup dan lingkungan keluarga kita masing-masing. Sehingga kita bisa melihat sebuah keluarga yang di dalamnya ada Tuhan di setiap keluarga.

 

Firman Tuhan ini disampaikan oleh Bp. Pdt. Hanny Setiawan,SE,MBA di ibadah Minggu Sore, pada tanggal 13 September 2020 di Bethany El Bethel Solo Baru.

Penulis : Yohana Sri Pamularsih

Comments

https://i1.wp.com/beritamujizat.com/wp-content/uploads/2020/09/IMG-20200917-WA0119.jpg?fit=700%2C450&ssl=1https://i1.wp.com/beritamujizat.com/wp-content/uploads/2020/09/IMG-20200917-WA0119.jpg?resize=700%2C450&ssl=1yohanaPesan Mimbar#atmosfer,#kasih,#pengharapan,berdoa,iman,supranaturalATMOSFER IMAN 1 Korintus 14:15   BeritaMujizat.com - Pesan Mimbar - Dalam keadaan sesulit apapun kita harus percaya bahwa kasih karunia Tuhan itu tetap dan cukup bagi kita. Meskipun dirasa berat, tapi Dia yang berjanji itu setia. Saat ini secara rohani, kita sedang memasuki tahun baru Israel. Ada guncangan yang memang sedang...Tuliskan Kebenaran, Hasilkan Perubahan