Internasional

5 Makam Firaun Kuno Ditemukan di Nekropolis Saqqara Mesir 


Salah satu Makam Firaun Kuno yang Ditemukan di Nekropolis Saqqara Mesir. (Sumber: NDTV)

BeritaMujizat.com – Internasional – Mesir belum lama ini memamerkan lima makam Firaun kuno di situs arkeologi Saqqara di selatan Kairo, yang terbaru dari serangkaian penemuan penting di daerah tersebut.

Melansir www.ndtv.com, makam kuno itu baru ditemukan di kompleks pemakaman Firaun di Saqqara, luar ibu kota Kairo.

Saqqara adalah pekuburan yang luas dari ibu kota Mesir kuno Memphis, sebuah Situs Warisan Dunia UNESCO yang menjadi rumah bagi lebih dari selusin piramida, serta menjadi situs pemakaman hewan dan biara-biara Kristen Koptik kuno.

Kepala Dewan Tertinggi Purbakala Mesir Mostafa Waziri mengungkapkan, lima makam yang baru ditemukan itu semuanya dalam kondisi baik.

Kementerian Pariwisata dan Purbakala Mesir juga mengatakan, salah satu makam itu milik seorang pejabat tinggi bernama Iry.

Makam yang tersisa milik anggota lain dari istana kerajaan, termasuk “pelayan rumah kerajaan” dan seorang pendeta yang “bertanggung jawab atas kecantikan raja”.

Salah satu Makam Firaun Kuno yang Ditemukan di Nekropolis Saqqara Mesir. (Sumber: NDTV)

Pada Januari 2021, Mesir mengungkap harta karun kuno yang ditemukan di Saqqara, termasuk lebih dari 50 sarkofagus kayu yang berasal dari Kerajaan Baru (abad 16 hingga 11 SM).

Dalam beberapa tahun terakhir, Mesir banyak mempromosikan temuan arkeologi baru ke media internasional dan diplomat dengan harapan dapat menarik lebih banyak wisatawan ke negara itu.

Sektor pariwisata yang vital, sumber utama mata uang asing bagi Mesir, menderita akibat gejolak politik dan kekerasan selama bertahun-tahun setelah pemberontakan 2011 yang menggulingkan Hosni Mubarak.

Sektor pariwisata baru-baru ini mulai pulih dari pandemi virus corona, tetapi kembali dihantam dampak invasi Rusia ke Ukraina. Seiring dengan Rusia, Ukraina adalah sumber utama wisatawan yang berkunjung ke negara Timur Tengah.

Comments

Related Articles

Back to top button