Internasional

Tarik Senjata dari Perbatasan Ukrania, Putin: Rusia Tidak Ingin Perang, AS Minta Bukti


Presiden Rusia Vladimir Putin. (Sumber: FAJAR Pendidikan)

BeritaMujizat.com – Internasional – Presiden Rusia Vladimir Putin melalui Kementerian Pertahanan Rusia melaporkan, Rusia kini telah menarik tentara dan sarana prasarana pendukung dari perbatasan Ukraina.

Hal itu disampaikan Presiden Putin dalam konferensi pers bersama Kanselir Jerman Olaf Scholz di Moskow, Rusia, (15/2/2022) seperti diberitakan CNBC Indonesia.

Presiden Putin mengatakan, Rusia tentu saja tidak menginginkan perang. Menurutnya, Rusia siap mencari solusi dengan Barat.

“Kami siap untuk bekerja sama lebih jauh. Kami siap untuk masuk ke jalur negosiasi,” ujar Putin seperti dilansir AFP, Rabu (16/2/2022).

Sementara Kanselir Jerman Olaf Scholz mengatakan, pengumuman Rusia sebagai pertanda baik.

Namun Amerika Serikat (AS) menginginkan bukti de-eskalasi usai memperingatkan Rusia siap menyerang Ukraina paling tidak pekan ini.

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken menuntut bukti de-eskalasi yang dapat diverifikasi, kredibel, dan bermakna melalui panggilan telpon dengan Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov.

Dalam pernyataan pers, Rabu (16/2/2022) dini hari WIB, Presiden AS Joe Biden berjanji untuk terus mendorong resolusi diplomatik terhadap krisis yang terjadi antara Ukraina dan Rusia.

Kendati demikian, Biden memperingatkan kalau serangan Rusia tetap “sangat mungkin” terjadi.

Menurut dia, meskipun ada klaim dari Rusia bahwa ada penarikan tentara di perbatasan Ukraina, AS dan NATO belum memverifikasi hal tersebut.

“Para analis menunjukkan bahwa mereka tetap berada dalam posisi yang sangat mengancam. AS bersiap atas apapun yang terjadi,” kata Biden seperti dilansir AFP, Rabu (16/2/2022).

Lebih lanjut, dia menekankan kembali kalau AS siap dengan opsi diplomatik.

“Dan kami siap untuk menanggapi dengan tegas serangan Rusia di Ukraina, yang masih sangat mungkin terjadi,” ungkap Biden.

Comments

Related Articles

Back to top button