SPIRIT OF ATALYA

2 raja raja 11:20

 

BeritaMujizat.com – Pesan Mimbar – Bulan yang baru di penanggalan kalender Israel, di mana kita memasuki bulan Elul yaitu suku Gad. Di bulan Elul ini Tuhan hadir di ladang, Dia hadir dan bicara lewat surprise yang tidak kita tau. Dia hadir dalam bentuk yang mungkin kita tidak tau. Oleh sebab itu kita perlu terus mengenali pribadi Tuhan kita.

Ulangan 33:20-21 ada berkat dari suku Gad yang akan dicurahkan kepada kita dibulan ini. Gad mengambil bagian yang terbaik dalam dirinya sebagai bagian utama. Tetapi justru di bulan Elul, si jahat dari kerajaan kegelapan juga akan terus mengintai dan mengejar kita. Dari musim ke musim spirit ini akan selalu ada dan berusaha menunggangi kita.

Yesaya 19 yang rindu Tuhan genapi untuk keluarga Abraham berkumpul dan menyembah Tuhan bersama. Tapi justru ada spirit Asyur yang termanifestasi dalam dunia ini yang akan menjatuhkan kita. Spirit inilah yang di miliki oleh Atalya, ibu dari Ahazia yang kita pelajari minggu lalu.

Kejadian 49:19 suku Gad diserang oleh gerombolan. Kita harus selalu siap sedia, karena banyak gerombolan si jahat yang hendak mengintai dan menjatuhkan kita. Kejadian 3:15 Tuhan akan meremukkan tumit dari si jahat yang hendak mengincar kita. Dengan si jahat kita harus melawannya. Spirit inilah spirit Atalya yang perlu kita perangi setiap hari.

Atalya adalah ibu dari Ahazia, raja di Yehuda. Atalya bangkit melawan keturunan raja dari kaum Yehuda kerena melihat Ahazia anaknya mati dibunuh. Ahazia ini raja yang diangkat, karena saudaranya yang lebih tua telah dibunuh oleh gerombolan (2 Tawarikh 22:1). Ahazia ini dikendalikan oleh Ibunya, Atalya. Tetapi sekarang, Ahazia telah mati terbunuh.

Yang dulunya hanya spirit, tapi sekarang bisa termanifestasi total dalam hidup kita. Dalam diri Atalya, ada Spirit dari Izebel, ibunya. Lambang dari Izebel yang menjadi daging ada dalam diri Atalya. Dan ini sangat membutuhkan waktu untuk seorang Izebel menjadi ratu dan spiritnya termanifestasi dalam diri Atalya.

Dalam kehidupan kita bukan hanya Tuhan yang memiliki kairos, sijahatpun memiliki dan menunggu kairos itu datang. Seperti dalam Matius 4:13 setelah si jahat gagal mencobai Yesus. Kita tidak boleh santai dengan keadaan yang mungkin baik-baik saja sekarang, tetapi justru si jahat sudah mempersiapkan perangkap untuk menangkap kita.

Jangan seperti bangsa Israel yang menang atas Yerikho tetapi kalah atas kota Ai. Mau tidak mau kita harus selalu aware dan waspada terhadap panah sijahat yang bisa menangkap kita dan menghancurkan kita. Karena ketika kita lengah, spirit Atalya ini tiba-tiba akan menyerang dan menjatuhkan kita.

 

6 Wajah Atalya (2 Raja-raja 2 ; 2 Tawarikh 22,23)

 a. Spirit of Killer (2 Tawarikh 22:10)

Spirit Pembunuh, spirit ini termanifestasi dalam sikap seorang pembunuh. Dalam Alkitab jelas terlihat contoh orang yang membunuh yaitu Kain ( Kejadian 4:6-9), Firaun (Kejadian 1:15-17), Saul (1 Raja-raja 8:7-9), Herodes (Matius 2:16-18), Naga Tua (Wahyu 12:17).

Seorang yang memiliki spirit of killer/pembunuh ini dapat termanifestasi dari sikap yang ingin membunuh pribadi seseorang. Ingin menjatuhkan hidup orang lain. Spirit ini dilawan dengan kita melepas pengampunan dan siap menerima perubahan dalam diri seseorang.

b. Spirit of Manipulation (2 Raja-raja 22:2)

Spirit Manipulasi, spirit ini sering kali menyerang orang yang ingin mengunakan berbagai cara. Sering kali memanipulasi keadaan hanya untuk mempermudah melakukan segala sesuatunya. Dalam kehidupan sehari-hari sering kali kita menjadi tempat sampah orang lain yang menceritakan sampah orang lain. Yang sebenarnya harus dibuang. Kalau kita tidak bisa menjaga hati, maka kita akan mudah termanipulasi keadaan bahkan orang juga bisa memanipulasi kita. Menjadi orang yang mudah dan tidak sulit. Tidak suka cemburu dan iri terhadap orang lain.

Wahyu 2:20 (TB)  Tetapi Aku mencela engkau, karena engkau membiarkan wanita Izebel, yang menyebut dirinya nabiah, mengajar dan menyesatkan hamba-hamba-Ku supaya berbuat zinah dan makan persembahan-persembahan berhala.

c. Spirit of Error ( 2 Tawarikh 22:2)

Spirit Penyimpangan, sikap yang salah akan membuat kita eror dalam tindakan, pikiran dan hati. Ketika kita dihinggapi spirit eror ini maka kita akan menyimpang dari jalan yang benar. Seperti Atalya yang memiliki spirit eror yang telah menyimpang dan hendak membunuh Yoas yang disimpan di rumah Tuhan.

1 Yohanes 4:6 (TB)  Kami berasal dari Allah: barangsiapa mengenal Allah, ia mendengarkan kami; barangsiapa tidak berasal dari Allah, ia tidak mendengarkan kami. Itulah tandanya Roh kebenaran dan roh yang menyesatkan.

d. Spirit of Oppresion ( 2 Tawarikh 22:12)

Spirit Penindasan, manifestasi dari spirit Atalya adalah kesulitan dalam menghadapi masa sulit yang akhirnya bisa mengalami stress dan bunuh diri. Jangan-jangan tanpa sadar omongan kita bisa membuat orang tertekan dan menjadi beban kehidupan yang berkepanjangan. Dan ini membuat kita tertindas dalam beban kehidupan. Dan membuat kita terpaksa dalam kehidupan dan tertindas serta terjajah dalam spirit ini. Solusinya adalah hidup yang berserah total kepada Tuhan. Daniel memberi contoh dia justru lebih banyak beribadah dalam keadaan tertekan sekalipun (Daniel 6:1-6).

e. Spirit of Offence (2 Tawarikh 23:13)

Spirit Tersinggung, spirit ini sering sekali kita jumpai dalam kehidupan kita sehari-hari yaitu spirit tersinggung. Spirit ini merasa kita tidak nyaman dengan orang lain. Orang yang merasa bahwa segala sesuatu tidak sesuai dengan pemikiran dan hati akan membuat kita tersinggung. Oleh sebab itu hanya Tuhan yang bisa membuat kita lupa akan perasaan tersinggung tersebut.

Spirit tersinggung ini bisa dipakai sijahat untuk merusak family, mengahancurkan keluarga. Ketika kita tersinggung maka seluruh kehidupan kita akan sakit. Ketika kita sakit hati, maka kita akan sulit mengakui dan menerima orang lain. Solusinya adalah menjaga hati supaya tidak mudah ditunggangi spirit of offence.

Ibrani 12:14-15 (TB) Berusahalah hidup damai dengan semua orang dan kejarlah kekudusan, sebab tanpa kekudusan tidak seorang pun akan melihat Tuhan. Jagalah supaya jangan ada seorang pun menjauhkan diri dari kasih karunia Allah, agar jangan tumbuh akar yang pahit yang menimbulkan kerusuhan dan yang mencemarkan banyak orang.

f. Spirit of Intimidation ( 2 Tawarikh 23:1)

Spirit Intimidasi, spirit ini akan menunggani hidup kita melalui perkataan-perkataan yang menguasai kita. Kita berada di bawah intimidasi ketika perkataan, perbuatan kita mungkin salah ,gagal. Dan pada akhirnya kita mudah terintimidasi oleh si jahat.

Mengalahkan spirit intimidasi ini dengan cara kita mengenakan perisai iman (Efesus 6:16). Kita harus sadar dan berjaga-jaga karena si jahat akan selalu menunggu ketika kita lengah dan lelah. Sehingga spirit dari sijahat bisa menguasai kita.

1 Petrus 5:8-9 (TB)  Sadarlah dan berjaga-jagalah! Lawanmu, si Iblis, berjalan keliling sama seperti singa yang mengaum-aum dan mencari orang yang dapat ditelannya. Lawanlah dia dengan iman yang teguh, sebab kamu tahu, bahwa semua saudaramu di seluruh dunia menanggung penderitaan yang sama.

Dalam kehidupan kita bisa dan pasti akan ditunggani spirit-spirit dalam diri Atalya. Oleh sebab itu kita harus selalu aware dna berhati-hati serta berjaga-jaga sehingga kita tidak lengah dan membiarkan spirit itu masuk dalam hidup kita. Terus berlindung dalam perisai iman kita akan terhindar dari panah si jahat. Dan selalu datang kepada Dia sebagai sumber kehidupan yang akan melindungi kita dari panah sijahat.

Matius 11:28 (TB)  Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu.

Firman Tuhan ini disampaikan oleh Bp. Pdt. Hanny Setiawan, SE,MBA pada ibadah Minggu, 23 Agustus 2020 di Bethany El-Bethel Solo Baru.

Penulis : Yohana Sri Pamularsih

 

Comments

https://i1.wp.com/beritamujizat.com/wp-content/uploads/2020/08/cikyo.jpg?fit=700%2C399&ssl=1https://i1.wp.com/beritamujizat.com/wp-content/uploads/2020/08/cikyo.jpg?resize=700%2C399&ssl=1yohanaPesan Mimbar#Atalya,SpiritSPIRIT OF ATALYA 2 raja raja 11:20   BeritaMujizat.com - Pesan Mimbar - Bulan yang baru di penanggalan kalender Israel, di mana kita memasuki bulan Elul yaitu suku Gad. Di bulan Elul ini Tuhan hadir di ladang, Dia hadir dan bicara lewat surprise yang tidak kita tau. Dia hadir dalam bentuk yang...Tuliskan Kebenaran, Hasilkan Perubahan