SEAL OF HEART

KIDUNG AGUNG 8:6

 

BeritaMujizat.com – Pesan Mimbar – Melanjutkan pesan di Rosh Hashanah 5781 tentang repentance, reconciliation and revival di mana setiap kita perlu bertobat dalam 10 hari ke depan. Seperti hati itu harus dibersihkan dan dioperasi untuk mendapatkan hati yang baru. Karena akan ada banyak kerikil-kerikil kecil yang bisa menempel di hati dan hati ini menjadi sakit. Oleh sebab itu perlu dibersihkan.

Di kingdom family mungkin ada sesuatu yang sedang terhilang dan bisa membuat itu sakit. Oleh sebab itu hati setiap kita harus dikelupas dan menjadi hati yang baru. Ada sesuatu yang harus di kelupas dan dibuang di hidup kita. Supaya hidup kita bisa kelihatan. Dengan cara kita bertobat dan masuk dalam kedalaman hati kita. Miliki pertobatan hati yang benar dihadapan Tuhan. Terus miliki respon hati untuk rela bertobat setiap hari kepada Tuhan.

 

Seal Of Heart :

    1. Hati adalah Segalanya (Amsal 4:23)

Dalam Amsal 4:23 dikatakan biarlah kita menjaga hati kita dalam segala kewaspadan ini berarti menjaga hati dalam segala hal dan dari semua isu-isu kehidupan. Samuel bisa salah melihat dalam mengurapi raja, tapi Tuhan melihat hati Daud. Hati harus ada di depan dan jangan salah. Sesuatu yang tanpa ada kebenaran hati itu tidak ada kehidupan. Kehilangan sesuatu yang terjadi dihati itu tidak ada artinya. Karena hati itu akan mempengaruhi semua kehidupan dan apa yang disentuh akan terpengaruh karena kondisi hati.

Hati itu licik, hati yang mudah sakit itu adalah penipu (Yeremia 17:9-10). Semua itu harus dari dalam seperti Pniel tempat Yakub bergulat dengan Tuhan. Yang harus mampu mengendalikan diri. Di hati inilah pengendalian diri itu harus terjadi. Menjadikan hari-hari ke depan sebagai hari-hari pertobatan dan melihat ke dalam. Masalah apapun itu selalu bersumber dari hati.

Salah satu fungsi hati adalah mengeluarkan racun. Kesakitan sering kali muncul karena hati yang tidak benar baik sakit jasmani maupun rohani sekalipun. Ketika hati sakit, maka anti bodi dalam diri kita sedang turun dan tidak kebal. Kita harus bisa mengeluarkan racun dalam arti rohani barus bertobat setiap hari. Karena kita didesain untuk selalu mengampuni dan bertobat setiap hari.

Hati yang sakit baik itu tersinggung, hati yang pahit, hati yang marah, hati yang sombong dan hati yang minder. Hati-hati  dengan kondisi hati tersebut dapat sebagai jalan untuk masuknya dosa. Oleh sebab itu perlu respon hati yang benar. Kalau tidak kita akan keracunan dan mati rohani kita (Wahyu 8:10-11).

Pengertian bisa membuat kita sombong. Terus jaga hati dan jangan sombong. Justru orang yang sakitlah yang harus minum obat. Ini waktuya kita dibersihkan Tuhan kembali, wakunya bertobat dan waktunya melihat kedalaman hati kita. Karena bila hati yang sakit, maka jiwa akan menguasai hidup kita. Jangan biarkan jiwa menguasai, tapi biarlah hati yang bertobat yang menguasai hidup kita.

 

    2. Materai Hati

Materai adalah sesuatu yang membuat itu khusus dan juga memiliki kekuatan hukum / tanda kekhususan. Kita milik Tuhan yang sudah di materaikan. Tanpa legal kita tidak dapat melakukan apa-apa.

Dalam 10 hari ini waktu untuk kita bertobat, meskipun tuntutan kesalahan kita banyak tapi karena ada materai maka kita dapat lolos dari tuduhan demi tuduhan.

Yehezkiel 36:26 Tuhan memberi hati yang baru yaitu hati Yesus yang penuh dengan compassion. Ketika ada belaskasihan pasti mujizat itu akan terjadi. Hati kita dikelupas dan diganti dengan hati yang baru. Dia sendiri yang memberi hati yang baru. Ketika terjadi pertobatan dan pemulihan maka akan terjadi kebangunan rohani.

I will give them one heart and one way (Yeremia 32:38-39). Sering kali tidak sejalan karena tidak memiliki hati yang sama yaitu tidak sehati. Cek hati kita untuk 1 hati dan 1 langkah. Ketika ada 2 hati yang beda, maka harus ada hati rohani yang harus menang.

 

     3. Iri Hati (Jealousy is Deadly /Kidung 8:5-6)

Jangan biarkan kita memiliki spirit of cain yaitu akar iri hati. Ada contoh orang-orang yang memiliki akar iri hati : Kain (Kejadian 4:5-6), Saul ( 1 Raja-raja 18:7-9), Miryam ( Bilangan 2:8-10). Ketika kita membiarkan ada iri hati di hidup kiya maka akan ada kematian bukan hanya jasmani tapi juga kematian rohani.

Pada akhirnya menjaga hati itu sangatlah penting. Karena hati adalah pusat kehidupan. Di hati inilah sumber segala kehidupan. Miliki respon untuk selalu aktif menjaga hati kita dari apapun sehingga kita tidak kecolongan dengan setiap hal-hal yang merusak dan membuat hati kita tidak bertumbuh.

 

Firman Tuhan ini disampaikan oleh Bp.Pdt. Hanny Setiawan,SE,MBA di ibadah Live Streaming pada hari Minggu 20 September 2020

Penulis : Yohana Sri Pamularsih

Comments

https://i0.wp.com/beritamujizat.com/wp-content/uploads/2020/09/IMG-20200921-WA0076.jpg?fit=700%2C450&ssl=1https://i0.wp.com/beritamujizat.com/wp-content/uploads/2020/09/IMG-20200921-WA0076.jpg?resize=700%2C450&ssl=1yohanaPesan Mimbar#hati,Bertobat,sehatiSEAL OF HEART KIDUNG AGUNG 8:6   BeritaMujizat.com - Pesan Mimbar - Melanjutkan pesan di Rosh Hashanah 5781 tentang repentance, reconciliation and revival di mana setiap kita perlu bertobat dalam 10 hari ke depan. Seperti hati itu harus dibersihkan dan dioperasi untuk mendapatkan hati yang baru. Karena akan ada banyak kerikil-kerikil kecil...Tuliskan Kebenaran, Hasilkan Perubahan