PNEUMATOLOGICAL IMAGINATION

Yohanes 16:13

 

BeritaMujizat.com – Pesan Mimbar – Mempercayai bahwa ketika kita menyerahkan semua kepada Tuhan, maka Allah akan sanggup bekerja total dalam diri kita. Sebagai orang percaya kepada Tuhan, semua hal dalam hidup kita adalah pekerjaan Roh Kudus. Bukan ketakutan dan kekhawatiran yang harus kita pegang, tapi biarlah pribadi yang bertemu dengan Tuhan. Karena itu yang menjadi dasar hidup kita, semua karena Roh Allah yang bekerja.

Sebelum semua ada sampai saat ini, ternyata di mulai dari sebuah iman yang tidak terlihat. Semua karena iman yang memimpin hidup kita. Roh Kudus yang akan memberitahukan segala sesuatu apa yang akan terjadi. Roh Kudus itu akan menerima, mendengar dan memberitahukan apa yang Tuhan Yesus katakan.

Pekerjaan Roh Kudus adalah memberitahukan jalan kepada kita. Karena dalam hidup kita tidak tau ke arah mana. Oleh sebab itu kita perlu Roh Kudus memberitahukan hal-hal yang akan terjadi di depan. Dan hanya Roh Kudus yang sanggup memberitahukan kepada kita. Roh Kudus dan kita akan menjadi utusan untuk menyelesaikan mandat yang Tuhan berikan.

Yang dilakukan oleh Tuhan Yesus adalah sama dengan yang Roh Kudus lakukan. Kita tidak bisa melakukan tanpa mendengar suara Roh Kudus. Hidup kita dipimpin oleh Roh. Imaginasi Roh adalah tekhnologi Roh Kudus yang tepat untuk bisa mengerti hal yang di depan. Pengalaman kita bersama dengan Roh Kudus adalah sesuatu yang sangat berharga dan juga menjadi sebuah pengalaman bagi orang lain untuk belajar.

Kita perlu mengalami pengalaman banyak bersama dengan Roh Kudus. Imaginasi Roh inilah yang akan membuat kita membayangkan apa yang ada di depan kita yaitu apa yang kita lihat ke depan. Dalam Yohanes 16:13 dikatakan bahwa Roh Kudus memberitahukan hal-hal yang akan terjadi di depan kita. Roh Kudus bisa melihat ke depan ke tempat kabut ini terjadi.

Roh Kudus yang akan menolong gerejaNya untuk berjalan dalam rencanaNya. Kita tidak bisa tau hal-hal yang akan di depan maka kita akan banyak kesalahan yang terjadi. Tidak akan ada ketepatan Ilahi. Kita punya beban untuk melihat hal-hal yang masih tertutup, hal hal yang masih belum terbuka. Roh Kudus akan menyatakan tentang apa yang dapat berakibat atas hidup kita.

Kita punya imajinasi yang baru yang melihat ke depan dan mulai mempersiapkan hal-hal ke depan. Imaginasi kita harus sejalan dengan imajinasi Roh dari apa yang Tuhan Yesus katakan. Belajarlah memiliki imaninasi Roh yaitu apa yang kita inginkan dalam Roh.

 

PNEUMATOLOGICAL IMAGINATION

     1. Allready-Not Yet : Sebuah Realita

Siap atau tidak siap harus senantiasa ada dihadapan kita. Ini sebuah realitas kehidupan yang harus kita jalani. Kita sudah diselamatkan tapi belum selesai selama kita masih di dalam dunia. Kita masih harus berjuang dengan banyak hal selama kita masih dalam dunia.

     2. Theology Of Imagination : The Power

Dalam kehidupan kita akan selalu ada masa lalu, masa kini dan masa yang akan datang. Imaginasi adalah hidup di masa lalu, masa kini dan masa yang akan datang. Setiap orang punya imaginasi dan itu bisa menjadi kenyataan kalau kita tidak hidup di imajinasi roh dalam waktu cepat kita akan hidup itu berlalu. Waktu dalam waktu cepat akan menjadi masa lalu dan yang lalu itu tidak akan pernah terpakai lagi.

     3. Imaginasi Roh itu lebih penting dari pengetahuan kita.

Dosa membuat hal yang salah tapi Roh Kudus mengembalikan penglihatan kita untuk bisa melihat yang benar. Semakin kita ikut Tuhan, imaginasi roh akan semakin tajam dan banyak latihan rohani itu akan mempertajam imaginasi roh. Imaginasi Roh itu lebih penting dari pengetahuan kita.

Masa depan itu seperti apa yang kita bayangkan. Roh Kudus menceritakan masa depan kita ke depan. Apa yang kita taruh di masa depan itu yang akan kita percaya dan jalani. Setiap kita boleh punya mimpi dan berimajinasi, kita membayangkan ke depan dan harus dikerjakan sampai jadi.

Imaginasi Roh kita berpikir kepada kekekalan dan masa depan. Karena tanpa pewahyuan maka hidup kita akan gelap dan tersesat. Kita harus punya imaginasi yang tepat dan itu ada di dalam dunia roh. Ketika kita bermain di imajiasi roh maka kita mengubah peradaban dunia.

     4. Pneumatological Imagination -Terminologi

Sesungguhnya sangat penting imaginasi roh dalam hidup kita. Oleh sebab itu kita perlu memahami dan mengerjakannya supaya apa yang ada di depan yang di kita bayangkan dan yang pasti itu yang terbaik dalam hidup kita akan bisa terjadi.

 

Prinsip Pneumatologi Imagination :

     1. Ambil, Baca!

Kita harus mampu membaca bukunya Tuhan. Karena di dalam bukuNya Tuhan akan terdapat banyak isi hati Tuhan, petunjuk serta hal-hal di masa depan yang Dia sediakan bagi hidup kita. Ketika kita punya kerinduan untuk mengambil waktu dan kita mendekat kepada Tuhan untuk membaca buku kehidupan yang Dia berikan. Maka kita akan bisa memahami apa yang menjadi rencana Tuhan atas kehidupan kita.

Seperti dalam 2 Raja-raja 22:8 milikilah urapan dari Safan. Dimana urapan ini akan membawa kita mampu untuk membaca bukuNya Tuhan. Bukan dengan kepandaian, kemampuan bahkan pengetahuan tapi karena hikmat Tuhan yang membuat kita mampu membacanya.

     2. Dengar, Katakan!

Hanya dengan iman kita bisa mendengar apa yang akan terjadi ke depan. Kita mendengar dan mengatakan segala sesuatu di masa depan dengan kata-kata iman.

Dalam Yohanes 16:13 kita harus punya kata-kata iman. Karena Roh Kebenaran akan memimpin kita kepada seluruh kebenaran. Karena Dia hanya akan menyampaikan apa yang Dia dengar dan Dia akan memberitahukan kepada kita untuk hal-hal yang akan datang.

     3. Percaya, Jadikan!

Hanya dengan percaya, kita akan melihat hal yang kita percayai itu akan terjadi. Percaya mejadi dasar dan kunci segala sesuatu itu terjadi. Apalagi percaya kepada hal yang ada di depan yang belum pernah sekalipun terjadi. Dan kita berimajinasi serta membayangkan hal itu akan terjadi di masa depan kita.

Dalam Ibrani 11:1 di katakan bahwa iman menjadi dasar dari apa yang kita harapkan dan bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat. Dalam imaginasi ini kita akan dikendalikan oleh iman. Iman adalah substansi kehidupan. Dengan percaya kita akan membayangkan dan hal itu bisa terjadi.

     4. Terima, Kerjakan!

Kunci untuk menerima imaginasi roh adalah kita menerimanya dan mengerjakannya dengan iman percaya kita. Dalam Yohanes 16:15 semuanya adalah punya Tuhan. Kita harus terima dengan iman dan selalu membuka hati. Serta jangan berhenti untuk bermimpi dan berimajinasi. Walau keadaan sudah berubah dan sulit membayangkan masa depan sekalipun, jangan sampai kita kehilangan percaya untuk melihat bahwa segala sesuatu itu bisa terjadi dalam imajinasi dan bayangan kita di dalam Tuhan.

Firman Tuhan ini disampaikan oleh Bp. Pdt. Hanny Setiawan,SE,M.B.A di ibadah Minggu Sore di Bethany El Bethel Solo Baru pada hari Minggu 01 November 2020.

Penulis: Yohana Sri Pamularsih

Comments

https://i0.wp.com/beritamujizat.com/wp-content/uploads/2020/11/kecilin-a.jpg?fit=700%2C450&ssl=1https://i0.wp.com/beritamujizat.com/wp-content/uploads/2020/11/kecilin-a.jpg?resize=700%2C450&ssl=1yohanaPesan Mimbar#believe,#changingWorld,#guide,#holyspirit,#imagination,#imaginePNEUMATOLOGICAL IMAGINATION Yohanes 16:13   BeritaMujizat.com – Pesan Mimbar – Mempercayai bahwa ketika kita menyerahkan semua kepada Tuhan, maka Allah akan sanggup bekerja total dalam diri kita. Sebagai orang percaya kepada Tuhan, semua hal dalam hidup kita adalah pekerjaan Roh Kudus. Bukan ketakutan dan kekhawatiran yang harus kita pegang, tapi biarlah pribadi...Tuliskan Kebenaran, Hasilkan Perubahan