MAKSUD ROH

Roma 8:27

 

BeritaMujizat.com – Pesan Mimbar – Tahun 2020 segera selesai secara nyata, meskipun secara rohani memang sudah selesai tinggal kita menjalani secara kenyataan. Selama 8 bulan sejak maret covid-19 masuk ke Indonesia, secara manusia pasti ada ketakutan dan kekhawatiran. Serta kita melihat sebuah tatanan kehidupan yang semua berubah.

Dalam Keluaran 15:1-2 dikatakan bahwa ada nyanyian yang dinyanyikan oleh bangsa Israel ketika bangsa Israel keluar tanah Mesir. Tuhan telah menjadi Allah, Dialah keselamatan, kekuatan, keselamatan dan pahlawan yang memberi kemenangan atas bangsa Israel melawan Firaun dan Mesir.

Hanya karena kemurahan Tuhan sajalah, kita beroleh hidup. Tuhan telah memberi perisai keselamatan dan tangan Kanan-Nya yang menyokong hidup kita. Kemurahan-Nya yang membuat kita besar (Mazmur 18:36).

Kehidupan personal kita kiranya sampai untuk kita memiliki kerinduan pribadi kepada Tuhan. Sampai kita menjadi jemaat yang memiliki haus dan lapar akan Tuhan. Sampai hidup kita memiliki keinginan yang hanya keinginan Roh. Karena ketika kita memiliki keinginan akan Tuhan, otomatis hidup kita akan mengerti maksud Roh atas hidup kita.

Roma 8:26-27 Roh membantu dalam kelemahan kita. Kelemahan kita ditolong oleh Roh Kudus dan  Roh Kudus pun berdoa untuk kita kepada Allah dengan keluhan yang tidak terucapkan. Dan Allah sendiri yang menyelidiki hati nurani dan mengetahui maksud Roh.

Roh kudus yang mengerti dan menyampaikan apa yang kita perlu. Maksud Roh ingin mengajar kita untuk pertumbuhan rohani kita. Dan Roh Kudus sendiri membantu dan menolong hidup kita supaya kita tau maksud Roh.

Roma 8:27 (TB) Dan Allah yang menyelidiki hati nurani, mengetahui maksud Roh itu, yaitu bahwa Ia, sesuai dengan kehendak Allah, berdoa untuk orang-orang kudus.

 

MAKSUD ROH :

1. MENDATANGKAN KEBAIKAN

Maksud Roh adalah untuk mendatangkan kebaikan bagi kita (Roma 8:28). Kita harus tau maksud Roh untuk pribadi,  untuk keluarga, untuk pekerjaan, untuk pelayanan bahkan untuk Tubuh Kristus. Sebagai jemaat pun kita perlu tahu maksud Roh untuk gereja kita itu apa.

Kiranya setiap hari kita bertanya kepada Roh Kudus dan bertanya untuk mengetahui maksud Roh. Sehingga kita tau kehendak Roh tersebut. Kita tidak asal berjalan sendiri dan mengabaikan Roh Kudus yang ada di hidup kita.

Ada cerita di dalam Kisah Para Rasul l 16: 6-7 Roh Kudus mencegah Paulus untuk memberitakan injil di Asia. Roh Kudus mencegah karena dia lebih tau apa yang akan terjadi. Hal Inilah yang disebut dengan Petunjuk Ilahi.

Petunjuk Ilahi ini adalah maksud roh. Petunjuk Ilahi itu bisa berubah-rubah.

Kita mulai mengejar maksud roh yaitu maksud Tuhan di hidup kita. Oleh sebab itu kita perlu belajar mendengar Roh Kudus dan menangkap maksud Roh tersebut.

2. Keinginan Roh

Maksud Roh adalah kita mengerti keinginan Roh (Roma 8:6-7). Maksud Roh pun juga berarti adalah kita mengerti pikiran roh. Melalui Roh Kudus, Yesus bisa ada di mana mana. Mari kita belajar mencoba mengerti hati Tuhan. Karena ketika kita mengerti maksud roh maka kita akan mengerti keinginan roh, mengerti pikiran roh dan kehendak roh.

3. Suara Hati

Maksud roh adalah suara hati yaitu kita menjaga hati. Maksud roh ada di dalam hati dan di dalam hati ini ada hati nurani kita. Mengerti hati nurani karena ada maksud roh di sana. Orang yang memiliki kesucian hati, dia akan bisa melihat Allah (Matius 5:8).

Cerita tentang Paulus ketika dia berada di hadapan anggota Makhamah Agama, dia berani menyatakan bahwa dia memiliki hati nurani yang murni di hadapan Allah (Kisah Para Rasul 23:1). Karena hati nurani adalah sebagai kesadaran diri. Kita tidak bisa mengerti maksud roh kalau hati nurani kita tidak benar.

Ada maksud rohani yang sering kali bentrok dengan diri kita sendiri. Hidup dalam maksud roh berarti kita mencari dan mengerti keinginan Roh yang ada dalam keinginan Tuhan. Jangan ragu untuk menunggu Tuhan untuk mengetahui maksud roh.

Ketika hati kita benar maka kita akan  bisa bersaksi. Dan apapun yang kita alami sendiri akan bisa menjadi kesaksian hidup (Roma 9:1). Apapun yang terjadi di hati kita akan bisa menjadi kesaksian hidup. Ketika kita pernah mengalami sesuatu hal, maka kita akan bisa bersaksi dan bernyanyi dengan baik.

Jangan biarkan sakit hati merusak kita untuk sulit mengetahui maksud Roh. Orang yang sakit hati tidak akan bisa mengerti maksud roh karena Tuhan menyelidiki hati kita. Jangan pernah mengijinkan hati kita itu sakit, benci atau terkena penyakit hati lainnya. Supaya kita memiliki hati yang benar sehingga bisa mengerti maksud roh.

 

Firman Tuhan ini disampaikan oleh Bp. Pdt. Hanny Setiawan,SE,M.B.A di ibadah Minggu Sore di Bethany El Bethel Solo Baru pada hari Minggu 01 November 2020.

Penulis: Yohana Sri Pamularsih

Comments

https://i0.wp.com/beritamujizat.com/wp-content/uploads/2020/11/IMG-20201106-WA0062.jpg?fit=1280%2C720&ssl=1https://i0.wp.com/beritamujizat.com/wp-content/uploads/2020/11/IMG-20201106-WA0062.jpg?resize=1000%2C720&ssl=1yohanaPesan Mimbar#conscience,#hatinurani,#maksudRoh,#mendengar,#RohKudusMAKSUD ROH Roma 8:27   BeritaMujizat.com – Pesan Mimbar – Tahun 2020 segera selesai secara nyata, meskipun secara rohani memang sudah selesai tinggal kita menjalani secara kenyataan. Selama 8 bulan sejak maret covid-19 masuk ke Indonesia, secara manusia pasti ada ketakutan dan kekhawatiran. Serta kita melihat sebuah tatanan kehidupan yang semua berubah. Dalam...Tuliskan Kebenaran, Hasilkan Perubahan