Internasional

Jepang Diguncang Gempa M 7,3, Hampir Tsunami, Datangkan Korban Jiwa


Tokyo Electric Power Company mengatakan bahwa sekitar dua juta rumah tangga terdampak pemutusan listrik akibat gempa M 7,3. (Reuters)

BeritaMujizat.com – Internasional –
Jepang diguncang gempa besar berkekuatan magnitudo (M) 7,3, Rabu (16/3/2022) malam. Gempa tersebut berpusat di wilayah Fukushima.

Badan Meteorologi Jepang melaporkan, gempa juga mengguncang ibu kota Tokyo dan memicu peringatan tsunami untuk beberapa bagian pantai timur laut, seperti diberitakan AFP.

Gempa itu berpusat di lepas pantai wilayah Fukushima pada kedalaman 60 kilometer, lalu kemudian terjadi lagi pada pukul 11.36 malam (1436 GMT). Gempa susulan tersebut memicu peringatan untuk gelombang tsunami satu meter dikeluarkan untuk beberapa bagian pantai.

Gempa itu memiliki skala intensitas 6+ dan merupakan gempa dasyat yang baru dialami di tahun 2022.

Melansir Reuters, aliran listrik jutaan rumah juga dikabarkan terputus akibat gempa tersebut. Tokyo Electric Power Company mengatakan bahwa sekitar dua juta rumah tangga terdampak pemutusan listrik.

Tidak hanya listrik, gempa tersebut juga memengaruhi operasi kereta api di sana.

Selang beberapa waktu, pihak berwenang telah mencabut peringatan tsunami setelah situasi dipastikan aman. Peringatan tsunami itu juga dicabut tak lama setelah listrik pulih.

Tiga orang lansia dikabarkan meninggal dunia akibat tertimpa reruntuhan benda di rumahnya pasca gempa bumi 7,3 magnitudi di Prefektur Miyagi dan Fukushima, Jepang. (Tribunnews.com).

Ketiga korban adalah seorang pria berusia 70-an di Kota Tome, Prefektur Miyagi; pria berusia 70-an di Kota Shichigahama, Prefektur Miyagi; dan seorang pria berusia 60-an di Kota Soma, Prefektur Fukushima.

Selang beberapa waktu, pihak berwenang telah mencabut peringatan tsunami setelah situasi dipastikan aman. Peringatan tsunami itu juga dicabut tak lama setelah listrik pulih.

Comments

Related Articles

Back to top button