Nasional

Ini Bekal Jokowi Saat Berkemah di IKN, Ekonomis Banget


Suasana Kemah Presiden Jokowi di titik nol IKN Nusantara, Kalimantan Timur. (Sumber: Sekretariat Presiden)

BeritaMujizat.com – Nasional – Setelah upacara Ritual Kendi Nusantara di titik Nol IKN bersama 34 gubernur di Indonesia dan sejumlah pejabat pemerintah pusat selesai, Senin (14/3/2022), Presiden Jokowi akan tetap berada di kawasan titik nol IKN untuk berkemah.

Jokowi ditemani Ibu Negara Iriana Jokowi berkemah di IKN Nusantara. Selain itu, ada juga sejumlah menteri yang mendampingi mulai dari Menteri PUPR Basuki Hadimuljono hingga Seskab Pramono Anung.

Sejumlah perlengkapan tentu disiapkan untuk kebutuhan Jokowi berkemah di IKN Nusantara, termasuk dapur umum yang didirikan di sekitar lokasi kemah.

“Dapur umum biasa, kompor gas,” kata Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono kepada wartawan seperti diberitakan detik.com Senin sore.

Walaupun yang berkemah adalah presiden, pihak Istana mengungkapkan, mereka hanya menyediakan makanan-makanan yang lebih mudah untuk dimasak alias ekonomis selama berkemah dua hari di IKN Nusantara.

“Dua di antaranya mi instan dan nasi goreng. “Iya betul disiapkan yang mudah dimasak, nasi goreng,” ungkap Heru.

Sementara itu, dari deretan gubernur yang ikut prosesi penyatuan tanah dan air, hanya Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor yang ikut berkemah. Gubernur lainnya kembali ke daerah masing-masing.

“Hanya Gubernur Kaltim saja yang menginap bersama Kepala dan Wakil Kepala IKN,” kata Heru.

Heru lantas menjelaskan alasan tidak semua gubernur ikut berkemah. Faktor keterbatasan tempat menjadi pertimbangan utama. “Terbatas lahan dan sarana kaya air dan lain-lain,” ujar Heru.

 

 

Comments

Related Articles

Back to top button