SPIRIT OF ROMAN 

 

BeritaMujizat.com – Pesan Mimbar – Tahun 2020 sudah sangat terasa cepat berlalu, tanpa kita menebak apa yang akan terjadi di tahun ini. Tahun ini hampir seluruh dunia mengalami Covid-19. Di dalam perjalanannya kita percaya bahwa mandat Yesaya 19 untuk membawa keluarga Abraham berkumpul dan menyembah Allah Israel bersama. Bahkan hampir di penghujung dunia, dikejutkan dengan pemilihan presiden untuk negara Amerika yang mendapat perhatian penuh.

Selama 10 tahun kita diajar untuk memiliki hati yang besar bagi bangsa. Banyak keluarga dari International Family yang sudah Tuhan kirimkan untuk menjadi bagian dalam perjalanan keluarga besar Kingdom Family. Disamping itu, dalam kenyataannya, setiap pribadi diajari untuk terus berproses dengan diri kita sendiri. Sehingga kita bisa selalu berada dalam alurNya Tuhan.

Ketika nanti kabut itu dibuka, maka dunia akan berubah. Maka diri kita harus menjadi siap sebagai seorang pribadi, berada di pelayanan, keluarga dan forum bangsa. Karena pengaruh dan goncangan yang besar akan terjadi atas bangsa-bangsa. Akan ada peradaban baru yang terbentuk. Kita percaya bahwa hidup kita menjadi bagian dalam peradaban baru.

Amerika adalah negara besar yang memiliki kekuatan besar. Amerika ini memiliki pengaruh dan dampak bagi sistem dunia. Amerika ini telah menguasai peradaban. Amerika adalah budaya dari kerajaan Romawi. Negara itu terbentuk dari sebuah politik dan semua masalah itu adalah masalah politik. Kerajaan Romawi adalah kerajaan tertua dan punya kekuasaan yang kuat.

Paulus menulis surat pertama untuk jemaat di Roma (Wahyu 7:9,18). Roma is Glori of The Empire. Dalam kehidupan kita, harus mampu berpikir global dan setia dalam perkara kecil. Kita harus settel dengan yang namanya perubahan. Kita harus memiliki akal yang mengandung hikmat.

Dalam Wahyu 17:14 akan ada perang, kita harus berdiri di tempat kita masing-masing di posisi kita sendiri. Akan ada global warfare yang harus membuat siap sedia. Kita menjadi bagian dari orang-orang yang selalu mengandalkan Tuhan senantiasa.

Kita memiliki akal yang memiliki kebijakan dan hikmat Tuhan (The mind which has wisdom). Ketika kita tidak mengenal Allah maka kita akan diserahkan kepada penguasa di dunia. Setiap orang yang tidak mengakui adanya Tuhan, akan memiliki pikiran yang terkutuk. Orang yang melakukan dan setuju dengan dosa akan dihukum mati. Kita akan jadi bagian dari dosa bila kita setuju dengan dosa.

     1. Roma Adalah Kota Non Yahudi (Roma 1:1-7)

Roma adalah mandat apostolik dari rasul Paulus. Tapi justru di Roma inilah Paulus dibunuh mati oleh Nero. Paulus mencintai Roma, tetapi dia dibunuh oleh Roma. Spirit Romawi ini juga yang membunuh Yesus. Paulus adalah hamba Kristus tetapi dia juga seorang rasul.

Doulos adalah sikap hati yang dimiliki Paulus (Lukas 17:10). Begitu juga doulos adalah sikap seorang hamba yang harus kita miliki. Apostolos adalah kita yang mendapat mandat sebagai ambasador kerajaan Allah (2 Korintus 15:20). Dalam hidup, Paulus diperlengkapi dengan kekuasaan tertinggi sehingga kita berada disaat yang tepat (Lukas 24:49). Bertanyalah pada yang penting dan tepat karena dalam situasi tertentu, Tuhan akan memberi petunjuk khusus pada kita.

     2. Doulos, Apostolos, Dunamis 

Adalah hamba yang mengerjakan mandat dengan kuasa yang paling tinggi. Seperti seorang Yusuf, dia berhati hamba yang mengerjakan mandat dan punya kuasa Ilahi dan Paulus juga bersikap demikian. Kita adalah hamba yang menyampaikan isi hati Tuhan. Kita harus menghargai dan menghormati orang yang di urapi Tuhan.

     3. Kristologi-Dualitas

Kekristenan dapat didefinisikan sebagai persepsi dan pemahaman yang jernih dari dua dogmain, yaitu trinitas dan dualitas, yaitu untuk mengetahui dan merenungkan tiga pribadi dari trinitas sebagai yang berbeda dan tak terpisahkan yang menegaskan satu Allah dan hakikat Ilahi dan manusiawi dari Kristus yang menyatu di dalam pribadi tunggalNya (Roma 1:3-4).

    4. The Reality Of Living in the World

Kita hidup dalam realitas Tuhan itu adalah artinya Dalam Yesus. Kita hidup dalam persekutuan abadi Bapa, Putra dan Roh Kudus, bukan nanti tapi sekarang. Realitas Tuhan bersifat terlihat dan tidak terlihat, supranatural, dan natural, dunia roh dan dunia nyata terjadi bersamaan. Kita hidup di dunia sekarang harus selalu sadar bahwa kita adalah warga negara surga (2 Tesalonika 1:5) dan warga negara Indonesia (Kisah 16:37, Kis 22:5) secara bersamaan.

Kita memiliki realitas untuk hidup menyatakan isi hati Tuhan. Mus, Harun dan Hur berjalan bersama-sama. Ini adalah dunia roh (Kejadian 17:11). Yosua dan Israel adalah dunia nyata (Kejadian 17:10). Jadi dunia roh dan dunia nyata harus sejalan dan berjalan bersama-sama.

     5. The Eagle Aquila

Roma adalah negara republik yang pertama. Ada eklesia di negara Roma (Roma 1:7). Paulus allignment dengan jemaat di Roma. Ada 3 kebudayaan dan 3 ragi yaitu Yahudi, Yunani dan Romawi. Dalam Matius 16:6 ada Saduki, Farisi dan Ahli Taurat.

Ilmu-ilmu di dalam dunia itu berasal dari peradaban yunani. Semua ilmu sebagian berasal dari negara Yunani. Orang-orang Yahudi sangat terkenal dengan kepandaiannya. Pada saat sekarang ini kita sedang melawan budaya romawi. Semua manifestsi dari peradaban Yunani. Dan masa ini diwakili oleh negara Amerika sebagai negara adikuasa. Ini waktunya anak-anak Tuhan bangkit untuk menghadapi manifestasi dan peradaban dari Yunani.

Sistem pemerintahan sparta. Skema dari si-jahat bukan hal yang gampang. Semua itu dikuasai oleh spirit dari Romawi. Amerika mencoba menjadi seperti Roma. Spirit Roma ada dalam negara Amerika. Ini adalah New Era yaitu era yang baru untuk itu kita harus menjadi bagian dalam peradaban yang baru ini. Menjadi new era bagi Amerika Serikat.

Paulus mengajarkan kepada kita, di mana dia bisa stay dikebudayaan Romawi tapi dia masih hidup secara Yunani dan tidak meninggalkan dirinya sebagai orang Yahudi. Untuk dapat mengalahkan roh Romawi dengan kita memiliki Doulos (hamba), Apostolos (Mandat Ilahi) dan Dunamis (Kuasa tertinggi).

     6. Apa yang Kita Hadapi
        a. Filsafat Kosong

Kolose 2:8 (TB)  Hati-hatilah, supaya jangan ada yang menawan kamu dengan filsafatnya yang kosong dan palsu menurut ajaran turun-temurun dan roh-roh dunia, tetapi tidak menurut Kristus (pertempuran ide).

        b. Panteon Spirit 

Panteon secara harfiah bermakna kuil untuk semua dewa. Sekumpulan dewa dalam metologi atau agama politeistik tertentu (Roh Pluralisme Liberal).

        c. Pax Romana

Globalisasi Humanis Liberal

        d. Institusional Spirit

Struktur, hirearki dan SOP dunia adalah alat yang dipakai untuk melawan struktur kerajaan surga. Roh Kudus akan kesulitan ketika sesuatu hal itu bersifat terstruktur. Bahkan hidup manusia yang terlalu terstrukturpun, akan bisa membuat Roh Kudus sulit bekerja.  Menyiapkan diri dalam gelombang-gelombang ke depan sehingga kita selalu berjalan dalam ketepatan yang Tuhan mau. Jangan biarkan spirit Romawi yang salah ini menguasai kita. Tetapi tetaplah hidup berhati hamba, mengerjakan mandat Apostolik yang Tuhan berikan atas setiap hidup kita serta menggunakan setiap kuasa tertinggi yang Tuhan berikan.

 

Firman Tuhan ini disampaikan oleh Bp. Pdt. Hanny Setiawan,SE,MBA di ibadah online Kingdom Family Nerworking di Bethany El Bethel Solo Baru pada hari Minggu, 08 November 2020.

Penulis: Yohana Sri Pamularsih

Comments

https://i1.wp.com/beritamujizat.com/wp-content/uploads/2020/11/IMG-20201113-WA0150.jpg?fit=700%2C450&ssl=1https://i1.wp.com/beritamujizat.com/wp-content/uploads/2020/11/IMG-20201113-WA0150.jpg?resize=700%2C450&ssl=1yohanaPesan Mimbar#Apostolos,#baru,#Doulos,#Dunamis,#hikmat,#newlife,#peradaban,#RomaSPIRIT OF ROMAN    BeritaMujizat.com – Pesan Mimbar – Tahun 2020 sudah sangat terasa cepat berlalu, tanpa kita menebak apa yang akan terjadi di tahun ini. Tahun ini hampir seluruh dunia mengalami Covid-19. Di dalam perjalanannya kita percaya bahwa mandat Yesaya 19 untuk membawa keluarga Abraham berkumpul dan menyembah Allah Israel bersama....Tuliskan Kebenaran, Hasilkan Perubahan