El-BethelRenunganRenungan Harian

The Battle Belongs to God!


BeritaMujizat.com – Renungan – Setelah Musa mati, Bangsa Israel masih harus melanjutkan perjalanan mereka di bawah kepemimpinan Yosua. Setelah masuk ke Tanah Perjanjian, Bangsa Israel tidak lantas bisa tinggal tenang di tanah yang Tuhan Allah sudah janjikan itu.

Mereka masih harus berjuang, memerangi kerajaan-kerajaan yang ada di tanah tersebut. Salah satu kisah yang terkenal adalah peperangan di dekat Gibeon. Lima orang raja bersepakat untuk melawan Israel. Namun itu semua tidak mengalahkan Israel, kenapa? Karena Tuhan Allah sendiri yang menyertai orang-orang Israel. Ada banyak peristiwa yang supernatural dan mujizat yang terjadi dipeperangan ini.

Bacaan Alkitab : Yosua 10 : 1 – 14

Alkitab menuliskan bahkan Tuhan sendiri melempari musuh-musuh Israel dengan batu besar dari langit (Ay. 11). Belum lagi Yosua yang berdoa untuk menghentikan bulan dan matahari hingga merekamenuntaskan peperangan (Ay. 12-13). Sungguh peristiwa-peristiwa yang luar biasa yang membuktikan bahwa peperangan yang dihadapi orang Israel bukan peperangan biasa dan bukan berdasar kelebihan mereka, melainkan semua adalah atas penyertaan Tuhan semata.

Belum pernah ada hari seperti itu, baik dahulu maupun kemudian, bahwa TUHAN mendengarkan permohonan seorang manusia secara demikian, sebab yang berperang untuk orang Israel ialah TUHAN. Yosua 10:14

Ketika kita menghadapi banyak hal di dalam hidup kita, ataupun ketika kita menjalankan mandat yang Tuhan beri dalam hidup kita, kita harus menyadari bahwa ada tangan Tuhan yang penuh kuasa yang menyertai kita. Ketika Tuhan mengutus kita untuk melakukan sesuatu, ataupun ketika Tuhan mengijinkan ada hal-hal yang terjadi dalam hidup kita, percaya bahwa Tuhan pasti ada disana untuk menyertai langkah kita.

Bahkan terkadang cara-cara yang Tuhan beri pun jauh di luar yang dapat kita pikirkan dan bayangkan. Hal yang perlu kita lakukan adalah taat dan percaya kepada Tuhan. Terus melangkah dengan mata, hati, dan pikiran yang tertuju pada Tuhan, maka kita akan melihat kemenangan demi kemenangan yang dari Tuhan dalam hidup kita.

PERENUNGAN
1. Sudahkah anda taat dan percaya sepenuhnya pada TUHAN?
2. Kejadian ajaib apa yang pernah anda lalui bersama TUHAN?

DOA
“Tuhan terimakasih untuk penyertaan-Mu dalam hidup kami. Ajari kami untuk melihat tangan-Mu yang penuh kuasa itu. Kami percaya bahwa setiap peperangan dalam hidup kami adalah peperangan yang tidak kami lalui sendiri, melainkan ada Engkau yang berperang gantikan kami. Tolong kami untuk taat dan percaya sepenuhnya kepada-Mu. Dalam nama Yesus kami berdoa, amin

Penulis : Adinda Rukmi

Comments

Related Articles

Back to top button