Spiritualitas

Hari Ini Tisha B’Av: Peringatan Penghancuran Bait Suci dan Tragedi-Tragedi Lainnya


BeritaMujizat.com – Spiritualitas – Hari ini Tisha B’Av, hari berkabung tahunan yang jatuh pada tanggal 9 bulan Ab dalam kalender Ibrani. Tisha B’Av, yang dimulai pada malam 12 Agustus 2024 dan berakhir 13 Agustus 2024 malam ini.

Tisha B’Av memperingati sejumlah bencana besar yang menimpa bangsa Israel, termasuk penghancuran Bait Suci pertama dan kedua di Yerusalem.

Tisha B’Av, dalam bahasa Ibrani תשעה באב atau ט׳ באב (Tesha Be-Ab, “Tanggal 9 bulan Ab”), merupakan hari berkabung yang paling signifikan dalam tradisi Yahudi. Dalam tradisinya di hari Tisha B’Av, umat Yahudi menjalani 25 jam doa dan puasa, disertai dengan pembacaan Kitab Ratapan dan Kitab Ayub.

Sejarah dan Tragedi yang Dikenang

Menurut Mishnah Taanit 4:6, lima peristiwa tragis yang terjadi pada tanggal 9 Ab menjadi inti dari peringatan Tisha B’Av:

  1. Pengintaian Tanah Kanaan: Dua belas mata-mata yang dikirim oleh Musa untuk melihat tanah Kanaan membawa laporan yang beragam. Sepuluh dari mereka membawa kabar buruk yang membuat bangsa Israel putus asa dan memberontak kepada Tuhan. Akibatnya, Tuhan menghukum mereka sehingga generasi itu tidak dapat memasuki tanah Kanaan, kecuali Yosua dan Kaleb.
  2. Penghancuran Bait Suci Pertama: Bait Suci pertama yang dibangun oleh Raja Salomo dihancurkan oleh Raja Nebukadnezar II dari Babel pada tahun 586 SM. Ini menandai berakhirnya Kerajaan Yehuda dan dimulainya Pembuangan ke Babel.
  3. Penghancuran Bait Suci Kedua: Bait Suci kedua, yang dibangun oleh Ezra dan Nehemia, dihancurkan oleh tentara Romawi pada tahun 70 M. Penghancuran ini mengakibatkan penyebaran orang Yahudi ke luar dari tanah Israel.
  4. Pemberontakan Bar Kokhba: Tentara Romawi menghancurkan kota benteng Betar dan membunuh lebih dari 100.000 orang Yahudi pada tahun 132 M, memadamkan pemberontakan yang dipimpin oleh Bar Kokhba.
  5. Penghancuran Bekas-Bekas Bait Suci: Sebagai kelanjutan dari pengepungan Yerusalem tahun 70 M, jenderal Romawi Turnus Rufus menghancurkan sisa-sisa Bait Suci dan daerah sekitarnya pada tahun 133 M.

Selain lima peristiwa utama tersebut, Tisha B’Av juga memperingati sejumlah tragedi lain yang terjadi pada tanggal 9 Ab, termasuk:

  • Perang Salib Pertama yang diumumkan oleh Paus Urban II pada tahun 1095, mengakibatkan pembantaian ribuan orang Yahudi.
  • Pengusiran Yahudi dari Inggris pada tahun 1290 dan dari Spanyol pada tahun 1492.
  • Pecahnya Perang Dunia I pada tahun 1914, yang menjadi landasan bagi Perang Dunia II dan Holocaust.
  • Deportasi Massal dari Warsaw Ghetto ke kamp kematian Treblinka pada tahun 1942.
  • Pemboman Gedung Komunitas Yahudi di Buenos Aires pada tahun 1994, yang menewaskan 8 orang dan melukai 300 lainnya.

Hari ini, Tisha B’Av diperingati dengan berpuasa dan berdoa, melakukan refleksi mendalam atas berbagai bencana yang menimpa bangsa Yahudi sepanjang sejarah. Umat Yahudi di seluruh dunia akan mengenang penderitaan nenek moyang mereka dan merenungkan pelajaran dari masa lalu. Meskipun hari ini adalah hari berkabung, Tisha B’Av juga menjadi pengingat penting akan ketahanan dan keberanian yang telah mengukir sejarah Yahudi.

Sumber :  https://id.wikipedia.org/wiki/Tisha_B%27Av

Comments

Related Articles

Back to top button