Berita Gereja

Gereja Puhsarang Ditetapkan Sebagai Cagar Budaya dengan Arsitektur Unik


BeritaMujizat.com – Berita Gereja – Gereja Puhsarang resmi ditetapkan menjadi cagar budaya oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Gereja Puhsarang yang diputuskan sebagai cagar budaya peringkat nasional untuk kategori struktur.

Gereja ini berlokasi di Desa Puhsarang, Kecamatan Semen, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Penetapan tersebut dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 13 Agustus lalu. Ini merupakan bagian dari upaya yang dimulai sejak 2019. Hal itu diungkapkan Kepala Bidang Sejarah dan Purbakala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kediri, Eko Priatno.

Penetapan Gereja Puhsarang sebagai cagar budaya nasional ini merupakan bagian dari evaluasi tiga situs budaya, yakni Gereja Puhsarang, Terowongan Mitigasi Gunung Kelud, dan Situs Totok Kerot. Namun, hanya Gereja Puhsarang yang diputuskan sebagai cagar budaya peringkat nasional untuk kategori struktur.

Gereja Puhsarang Kabupaten Kediri memiliki keunikan tersendiri, terutama karena usianya yang mendekati satu abad. Dari berbagai sudut pandang lain, gereja ini menarik, terutama karena dirancang oleh arsitek Belanda yang mengadopsi arsitektur Jawa.

Gereja Katolik di Pohsarang didirikan atas inisiatif pribadi dari Romo Jan Wolters CM dengan bantuan arsitek terkenal Henri Maclaine Pont pada tahun 1936. Keindahan arsitektur Gereja Pohsarang melekat pada dua nama ini, arsiteknya Ir Maclaine Pont dan pastornya Romo Jan Wolters CM.

Ir. Henricus Maclaine Pont sangat pandai dalam membentuk keindahan bangunan Gereja yang mengukir kebudayaan Jawa; sementara Romo Wolters sebagai inisiator memberi roh pengertian mendalam tentang makna sebuah bangunan Gereja dengan banyak simbolisme untuk katekese iman Katolik.

Peletakan batu pertama gereja dilakukan pada tanggal 11 Juni 1936, bertepatan dengan pesta Sakramen Mahakudus, oleh Mgr. Theophile de Backere CM, Prefek Apostolik Surabaya pada waktu itu. Dalam gereja kuno ini terdapat dua bagian pokok yakni Bangunan Induk dan Bagian Pendapa.

Comments

Related Articles

Back to top button