musikmagis

BeritaMujizat.com – Mandat Budaya – Musik dalam setiap kebudayaan digunakan dalam banyak acara. Salah satu yang menonjol adalah penggunakan musik dalam ritual-ritual keagamaan atau kepercayaan. Mulai dari suku terasing, sampai agama modern yang tergolong new age, musik seakan tidak bisa dilepaskan. Selalu ada melekat dalam pemujaan kepada “Yang Ilahi”.

John Coltrane, Saxophonist handal pencipta lagu Giant Step yang legendaris, mengaku dia seorang yang sangat religius. Musikolog yang menganalisa karya John Coltrane sepakat bahwa Coltrane menggabungkan musik dan pilgrimage (perjalanan spiritualitas) menjadi satu. Berlatar belakang kristen, istri pertama muslim, istri kedua mengarah ke Indian Philosophy, keuniversalan Coltrane terasa sekali.

Di masa modern sekarang, penggunaan musik untuk dakwah seperti Rhoma Irama, Bimbo dengan musik Nasyid-nya yang indah, atau acara-acara shalawat yang sangat musikal menjadi bagian integral dari iman di kalangan Islam.

Apalagi dikalangan Kristen, musik rohani bahkan menjadi industri tersendiri. Mulai dari himne sampai kontomporer musik rohani, bahkan jazz atau rock rohani menjadi dinamika iman tersendiri di kalangan ini.

***

Sifat musik yang sangat transenden secara alami membawa kedekatan dengan spiritualitas yang juga bersifat divine dan transenden. Seakan-akan, masing-masing elemen dari musik memilik fungsi tersendiri yang menghubungkan dunia nyata dan yang tidak nyata.

Ritme-ritme tertentu di suku-suku menjadi suatu kata sandi untuk mendatangkan dewa-dewa. Melodi-melodi tertentu bagaikan kata-kata sandi untuk membuka surga. Harmoni dan timbre seakan menggambarkan Yang Maha Besar yang tidak kelihatan.

Hubungan-hubungan yang magis dan mistis antara musik dan spiritualitas ini sangat terbuka untuk diekplorasi. Eksplorasi ini bukan hanya milik musisi atau rohaniwan, tapi juga psikolog juga para pebisnis yang mencoba mengerti perilaku pembeli di era Marketing 3.0 yang menurut Philip Kotler sangat spiritualitas.

“I did think I did see all Heaven before me, and the great God Himself.” (Handel setelah mencipta MESSIAH)

My music is spiritual expression of what I am – my faith, my knowledge, my being — John Coltrane

“Music is the mediator between the spiritual and the sensual life.” — Ludwig van Beethoven

Paling tidak musik sudah terbukti mampu membuat gembira, sedih, lompat-lompat, menari-mari, sekaligus membangkitkan semangat nasionalisme, melankolis, dsb. Musik memang penuh misteri, kelihatan ada tapi tidak ada. Kelihatan biasa, tapi sangat berpengaruh.

 

Penulis   : Hanny Setiawan
Sumber  :  CompusicianNews.com

Comments

http://i2.wp.com/beritamujizat.com/wp-content/uploads/2016/07/musikmagis-1.jpg?fit=631%2C393http://i2.wp.com/beritamujizat.com/wp-content/uploads/2016/07/musikmagis-1.jpg?resize=631%2C393Hanny SetiawanMandat BudayaSeni & MusikMusik religi,peran musik,spiritualitasBeritaMujizat.com - Mandat Budaya - Musik dalam setiap kebudayaan digunakan dalam banyak acara. Salah satu yang menonjol adalah penggunakan musik dalam ritual-ritual keagamaan atau kepercayaan. Mulai dari suku terasing, sampai agama modern yang tergolong new age, musik seakan tidak bisa dilepaskan. Selalu ada melekat dalam pemujaan kepada 'Yang Ilahi'. John...Tuliskan Kebenaran, Hasilkan Perubahan