tomas

BeritaMujizat.com – Martir – Rasul Tomas adalah bagian dari 12 rasul Yesus yang dikenal sebagai rasul kurang iman. Ketika murid-murid lain dengan sukacita mengatakan, “Kami telah melihat Tuhan!”, Tomas dengan skeptis mengatakan bahwa dia tidak percaya sebelum melihat sendiri (Yoh 20:24-29)

Dari ketidakpercayaannya, secara ajaib sejarah justru mencatat bahwa Tomas menjadi rasul yang paling jauh memberitakan Injil. Tercatat dalam tradisi gereja, Tomas selama 20 tahun menginjil sampai ke India Selatan. Di India juga akhirnya Tomas menjadi martir dengan cara ditombak.

Tradisi mencatat Tomas dikuburkan  di St. Thomas Mount di Chenna. Dari 52M setelah hari Pentakosta, Tomas terus “berlari” membawa obor Injil kerajaan sampai tahun 72M.  Selama 20 tahun dicatat 7,5 gereja ditanam oleh Tomas. Gereja-gereja tersebut adalah di Kodungallur, Kollam, Niranam (Niranam St.Marys Orthodox Church), Nilackal (Chayal), Kokkamangalam, Kottakkayal (Paravoor), Palayoor (Chattukulangara) dan Thiruvithancode Arappally – gereja yang setengah (Sumber)

Kekuatan dan stamina rohani dari Tomas ini menjadi rahasia rohani yang menarik untuk dipelajari. Dari seorang yang skeptis Tomas menjadi raksasa iman, bahkan mendapatkan “hak istimewa” untuk mati bagi Tuhan.

Di Calamina, India, ia disiksa oleh orang kafir yang marah, tubuhnya ditusuk tombak dan dilemparkan ke dalam nyala api oven. Bahkan, selain dimasukin ke tungku api, perutnya dihancurkan juga. Stamina yang luar biasa.

***

Rahasia kekuatan rohani, iman, dan spiritualitas Tomas bisa dipelajari di Yoh 20:27-28.

Kemudian Ia berkata kepada Tomas: “Taruhlah jarimu di sini dan lihatlah tangan-Ku, ulurkanlah tanganmu dan cucukkan ke dalam lambung-Ku dan jangan engkau tidak percaya lagi, melainkan percayalah.” Tomas menjawab Dia: “Ya Tuhanku dan Allahku!”

Tomas menjadi satu-satunya rasul dan mungkin manusia di bumi ini yang menyentuh secara fisik tubuh kemuliaan Kristus. Tidak bisa dibayangkan pengurapan seperti apa yang dialami Tomas ketika itu. Bukan pendeta, bukan penginjil, bukan rasul sekalipun yang “menumpang tangan”, tapi transfer urapan itu langsung dari Yesus Kristus yang bangkit dari kubur.

Secara spontan, Tomas berseru KURIOS, dan THEOS. Perjumpaan Ilahi yang dialami Tomas membuat Dia langsung menempatkan Yesus bukan hanya sebagai guru, tapi Yesus bagi Tomas yang baru adalah Tuhan dan penguasa tunggal dalam hidupnya. Itulah rahasia kekuatan Tomas yang membuat dia berani mati untuk apa yang dia percaya (Fil 1:21, Gal 2:19-20).

Sebuah pelajaran rohani yang perlu dingat bagi forrunner kerajaan Surga. Pelari-pelari kerajaan yang harus membuka daerah-daerah bagi pelebaran kerajaan surga harus menyadari bahwa kekuatan iman hanya bisa didapat dari perjumpaan Ilahi pribadi dengan Yesus Kristus yang sudah dibangkitkan. Teruslah berlari!

 

Penulis   : Hanny Setiawan
Sumber  : katakombe.net, Sejarah Meninggalnya Para Rasul

 

 

 

 

 

 

Comments

http://i0.wp.com/beritamujizat.com/wp-content/uploads/2016/10/tomas.jpg?fit=520%2C245http://i0.wp.com/beritamujizat.com/wp-content/uploads/2016/10/tomas.jpg?resize=520%2C245Hanny SetiawanMartirIndia,skeptis,TomasBeritaMujizat.com - Martir - Rasul Tomas adalah bagian dari 12 rasul Yesus yang dikenal sebagai rasul kurang iman. Ketika murid-murid lain dengan sukacita mengatakan, 'Kami telah melihat Tuhan!', Tomas dengan skeptis mengatakan bahwa dia tidak percaya sebelum melihat sendiri (Yoh 20:24-29) Dari ketidakpercayaannya, secara ajaib sejarah justru mencatat bahwa Tomas menjadi...Tuliskan Kebenaran, Hasilkan Perubahan